Perancis Melaju ke Final Piala Dunia U-17 2023 Setelah Kalahkan Mali

Perancis U-17 berhasil mengatasi perlawanan sengit dari Mali U-17 dan berhak melaju ke partai puncak piala dunia U-17 di Indonesia, di mana mereka akan menghadapi Jerman U-17.

Perancis Melaju ke Final Piala Dunia U-17 2023 Setelah Kalahkan Mali
Perancis Melaju ke Final Piala Dunia U17 2023 Setelah Kalahkan Mali. Gambar : Dok. FIFA

BaperaNews - Perancis U-17 berhasil melaju ke final Piala Dunia U17 2023 setelah mengalahkan Mali U-17 dalam laga semifinal Piala dunia U-17 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada Selasa (28/11/2023) malam WIB. Dalam pertandingan yang sangat ketat ini, Perancis berhasil mengatasi perlawanan sengit dari Mali dan berhak melaju ke partai puncak, di mana mereka akan menghadapi Jerman.

Pertandingan semifinal Piala dunia U-17 2023 antara Perancis dan Mali diawali dengan tempo tinggi, kedua tim saling berbalas serangan sejak awal pertandingan. Mali lebih dulu mengancam gawang Perancis melalui aksi sang kapten, Ibrahim Diarra. Namun, usaha Diarra masih bisa digagalkan oleh kiper Perancis, Paul Argney, yang dalam turnamen ini belum pernah kebobolan.

Perancis tidak tinggal diam dan memberikan tekanan melalui striker utama mereka, Mathis Lambourde. Meskipun begitu, Bourama Kone, kiper Mali, tampil gemilang dengan beberapa penyelamatan penting yang menjaga gawangnya tetap aman.

Pertandingan semakin seru menjelang akhir babak pertama, tepatnya pada masa injury time. Ibrahim Diarra menjadi sosok penyelamat bagi Mali dengan mencetak gol pada menit ke-45+4. Gol tersebut tercipta setelah Diarra memanfaatkan bola yang lepas dari jangkauan kiper Paul Argney. Gol ini adalah yang keempat bagi Diarra selama Piala Dunia U17 2023 dan membuat Mali unggul 1-0 di babak pertama.

Baca Juga : Jerman Melaju ke Final Piala Dunia U-17 setelah Drama Adu Penalti

Memasuki babak kedua, Perancis mencoba memanfaatkan keunggulan jumlah pemain setelah bek kiri Mali, Souleymane Sanogo, dikeluarkan dari lapangan dengan kartu merah pada menit ke-55. Kartu merah tersebut diberikan setelah Sanogo melakukan tekel keras yang berbahaya terhadap Aymen Sadi.

Situasi bola mati dari tendangan bebas Ismail Bouneb berhasil dimanfaatkan oleh Perancis. Yvann Titi mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-56 setelah sundulan terbangnya memanfaatkan tendangan bebas Bouneb.

Keunggulan jumlah pemain semakin memudahkan permainan Perancis, dan mereka semakin gencar menyerang pertahanan Mali. Pada menit ke-69, Ismail Bouneb sekali lagi menjadi protagonis dengan mencetak gol melalui tendangan bebas di luar kotak penalti. Gol ini tidak bisa dijangkau oleh kiper Mali, Bourama Kone, sehingga membuat Perancis berbalik unggul 2-1.

Meskipun Mali bermain dengan 10 pemain, mereka tetap berusaha mengejar ketertinggalan. Hamdiou Makalou memiliki peluang emas dengan tendangan bebasnya yang menghantam mistar gawang. Namun, hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan ditiupkan oleh wasit Gustavo Tejera, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Dengan hasil ini, Perancis berhasil melaju ke final Piala Dunia U17 2023 dan akan menghadapi Jerman U-17, yang sebelumnya berhasil mengalahkan Argentina melalui adu penalti. Dua gol dari Perancis dicetak oleh Yvann Titi pada menit ke-56 dan Ismail Bouneb pada menit ke-69, sedangkan gol tunggal Mali datang dari Ibrahim Diarra pada menit ke-45+4.

Susunan pemain:

Perancis (4-1-4-1): 1-Paul Argney (PG); 2-Yvann Titi, 5-Joachim Kayi Sanda, 4-Bastien Meupiyou, 13-Aymen Sadi; 20-Mathis Amougou; 11-Tidiam Gomis, 10-Ismail Bouneb, 14-Fode Sylla, 3-Nhoa Sangui; 9-Mathis Lambourde

Mali (4-2-3-1): 1-Bourama Kone (PG); 2-Moussa Traore, 5-Issa Traore, 15-Baye Coulibaly, 4-Souleymane Sanogo; 3-Hamdiou Makalou, 6-Sekou Kone; 19-Mahamoud Barry, 10-Ange Martial Tia, 8-Ibrahim Diarra; 11-Ibrahim Kanate

Baca Juga : Pelatih Timnas Argentina U-17 Tetap Bangga dengan Perjuangan Anak Asuhnya Meskipun Kalah