Penumpang Tanpa Tiket Penyebarangan Bakal Diusir Dari Pelabuhan

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VI Bengkulu dan Lampung mengingatkan para penumpang Sumatra ke Jawa agar membeli tiket sebelum datang ke Pelabuhan!

Penumpang Tanpa Tiket Penyebarangan Bakal Diusir Dari Pelabuhan
Penumpang Tanpa Tiket Penyebarangan Bakal Diusir Dari Pelabuhan. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VI Bengkulu dan Lampung, Sigit Mintarso mengingatkan para penumpang angkutan penyeberangan di Sumatra ke Jawa agar membeli tiket sebelum datang ke Pelabuhan, termasuk ketika hendak melakukan perjalanan di Pelabuhan Bakauheni.

Tanpa tiket penyeberangan, maka calon penumpang yang datang akan dipaksa keluar dari area pelabuhan dan diminta menunggu di luar pelabuhan, hal ini dilakukan untuk mencegah penumpukan calon penumpang terjadi sebagaimana di arus mudik kemarin.

“Arahan dari Bapak Kapolda Lampung, kalau dia, calon penumpang itu belum punya tiket, maka terpaksa dikeluarkan dari pelabuhan agar cari tiket dahulu, nah itu kan merepotkan dirinya sendiri” beber Sigit hari Rabu 4 Mei 2022.

Sigit melanjutkan, calon penumpang mestinya memang harus sudah punya tiket sebelum masuk atau sampai di pelabuhan sehingga tidak terjadi penumpukan calon penumpang sebagaimana yang terjadi ketika arus mudik lalu di pelabuhan Merak.

Kemudian, ia juga menghimbau agar masyarakat menyeberang lebih awal agar terhindar dari arus puncak balik mudik yang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 6 – 8 Mei 2022 mendatang, menurutnya, puncak penyeberangan akan terjadi pada hari Minggu 8 Mei 2022. “Puncaknya di tanggal 6 – 8 Mei karena 9 Mei sebagian sudah mulai masuk kerja” imbuhnya.

Baca Juga: 45 Kapal Hangus Di Dermaga Cilacap, Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran

PT ASDP Indonesia Ferry juga menyatakan tidak menjual tiket keberangkatan kapal di pelabuhan atau go show, melainkan seluruh transaksi pembelian tiket dilakukan secara online dengan pemesanan maksimal H-1 dari jadwal keberangkatan.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin menyebut pembelian tiket secara langsung di lokasi sebenarnya sudah ditiadakan sejak 2020 lalu, tiket harus dibeli secara online di Ferizy, web ferizy.com, atau di mitra lain seperti Indomaret, Agen BRILink, FinPay, Alfamart, dll.

“Tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan, kami harap kerjasama dari seluruh pemudik untuk memastikan sudah beli tiket minimal H-1 sebelum keberangkatan untuk melancarkan arus pelayanan di pelabuhan” ujarnya Selasa 3 Mei 2022.

Sebagaimana diketahui pada arus mudik lalu terjadi penumpukan calon penumpang di Pelabuhan Bakauheni akibat calon penumpang belum beli tiket perjalanan, sehingga mereka langsung beli di pelabuhan secara online, hal ini pun membuat penumpukan karena mereka harus menunggu, jika tiket sudah dibeli sebelumnya, tentu akan lebih cepat dan lancar dimana calon penumpang tinggal lakukan verifikasi di loket yang tersedia dan segera masuk ke kapal tanpa harus antri atau menunggu.

Baca Juga: Tak Ada One Way, Puncak Bogor Macet Parah 10 Km