Kebanjiran Penumpang, Eskalator Stasiun Transit Manggarai Rusak

Membludaknya penumpang membuat eskalator Stasiun Transit Manggarai rusak, Edwin salah satu teknisi ungkap kerusakan yang terjadi di Stasiun Transit Manggarai tersebut.

Kebanjiran Penumpang, Eskalator Stasiun Transit Manggarai Rusak
Membeludaknya penumpang membuat eskalator Stasiun Transit Manggarai rusak. Gambar : Metro.sindonews.com/ Dok. Muhammad Farhan

BaperaNews - Pada hari Senin 30 Mei 2022 jam 18.30 dan 18.50 WIB terjadi kerusakan fasilitas umum. Salah satu eskalator di Stasiun Transit Manggarai rusak dua kali diakibatkan oleh kelebihan beban penumpang.

Diketahui jumlah penumpang di Stasiun Manggarai tersebut membludak dalam beberapa hari terakhir karena adanya perubahan rute kereta.

Petugas sempat menutup sementara akses eskalator dari main hall ke arah Peron 12-13 beberapa menit, sedikitnya dua teknisi diterjunkan untuk memperbaiki eskalator di Stasiun Transit Manggarai yang rusak.

Edwin sebagai salah satu teknisi, menyebut eskalator di Stasiun Transit Manggarai rusak dan mati karena beban berlebih. Selain itu, ada banyak orang lari di eskalator sehingga muncul tekanan dari tiap hentakan kaki para penumpang.

“Dengan flow penumpang yang berapa ribu orang ini jadi berhenti, satu karena bebannya terlalu penuh, sudah gitu banyak penumpang yang lari, nahan beban juga, harusnya di eskalator kan diam saja” ujar Edwin.

Eskalator di Stasiun Transit Manggarai kembali berfungsi setelah diperbaiki, namun kembali eror karena sebab yang sama di jam 18.50 WIB, sehingga dinyatakan rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Antrean penumpang pada hari Senin terjadi sejak jam 17.30 WIB dari hall sampai peron 12-13 di bagian atas.

Penumpang yang akan naik ke peron Nampak terburu-buru hingga banyak yang berlarian, mereka kemudian berhenti dan antre untuk bergantian naik eskalator di Stasiun Transit Manggarai.

Baca Juga : Tahun 2025 Mendatang, Stasiun Manggarai Akan Mempunyai Akses Transit

Sejumlah petugas mencoba untuk mengurai penumpukan penumpang tersebut, mengarahkan penumpang agar tidak hanya memakai eskalator, tapi juga menggunakan tangga yang ada. Agar eskalator bisa kembali berfungsi dengan baik dan tidak kelebihan beban.

Para penumpang nampak berdiri dalam jarak yang berdekatan, menunggu kereta datang.

Kebanyakan dari mereka ialah para pekerja yang akan pulang ke rumahnya. Selain di Peron 12-13, ada penampakan serupa juga terjadi pada Peron 6-7 arah Duri-Angke-Tanah Abang, mereka berdiri berdekatan dan berdesa-desakkan.

PT KAI Commuter memperkirakan ada 150 ribu penumpang yang transit di Stasiun Manggarai pada hari Senin kemarin 30 Mei 2022. Jumlah tersebut bahkan lebih banyak dari hari Minggu sebelumnya 29 Mei 2022, mengingat hari Senin ialah hari kerja dan banyak karyawan yang memakai Commuter untuk berangkat dan pulang kerja.

Untuk antisipasi kepadatan, Anne Purba VP Corporate Secretary PT KAI Commuter mengatakan telah menyiapkan 500 petugas untuk melayani penumpang secara bergantian.