Pengguna BBM Subsidi Pertalite dan Solar Wajib Daftar Di Aplikasi MyPertamina

PT Pertamina lakukan uji coba cara pembelian Pertalite dan Solar di MyPertamina, berikut langkah-langkah Gunakan aplikasi MyPertamina.

Pengguna BBM Subsidi Pertalite dan Solar Wajib Daftar Di Aplikasi MyPertamina
Aplikasi MyPertamina. Gambar : Kolase Foto Tim Redaksi Baperanews

BaperaNews - PT Pertamina melakukan uji coba cara pembelian Pertalite dan Solar dengan sistem baru menggunakan aplikasi MyPertamina, cara pembelian BBM ini akan mulai diterapkan pada 1 Juli 2022.

Menurut Dirut PT Pertamina, Alfian Nasution, cara tersebut diberlakukan karena ada konsumen yang seharusnya tidak berhak menikmati BBM subsidi pertalite dan solar tetapi membeli kedua jenis BBM tersebut.

“Jika tidak diatur, akan berpotensi membuat kuota satu tahun tidak tercukupi” ujar Alfian Nasution dalam keterangan tertulis (27/6).

PT Pertamina menyiapkan situs MyPertamina dari tautan http://subsiditepat.mypertamina.id/

Situs website MyPertamina tersebut akan mulai dibuka pada 1 Juli 2022. Masyarakat yang merasa berhak untuk membeli pertalite dan solar bisa mendaftarkan kendaraan dan dirinya di situs tersebut.

Data pribadi dan data kendaraan yang didaftarkan akan diverifikasi untuk bisa masuk ke Daftar Pembeli BBM Bersubsidi. “Sistem baru MyPertamina ini akan membantu kami mencocokkan data pengguna, yang terpenting ialah memastikan diri menjadi pengguna dan terdaftar di website MyPertamina” imbuh Alfian Nasution.

Uji coba sistem baru ini akan diterapkan secara serentak di sejumlah kota dan kabupaten yakni di Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, dan Yogyakarta untuk kemudian disebarkan ke kota dan kabupaten lain di seluruh Indonesia.

Lalu bagaimana cara mendaftarnya? Anda perlu download terlebih dulu aplikasi MyPertamina di App Store atau Google Play Store. Setelah mendownload, ikuti langkah selanjutnya.

Langkah-Langkah Gunakan Apkikasi MyPertamina, sebagai Berikut :

  1. Klik daftar, lakukan pendaftaran dengan nama lengkap, nomor telepon, PIN 6 digit, dan ketik kembali PIN 6 digit yang sudah dibuat.
  2. MyPertamina akan mengirimkan kode SMS OTP ke nomor telepon yang Anda daftarkan untuk verifikasi. Klik oke dan masukkan kode yang dikirim, maka Anda secara otomatis akan login ke MyPertamina.
  3. Jika login sudah dilakukan, pilih sarana pembayaran di menu “akun”. Anda bisa memilih untuk menyambungkan aplikasi dengan sejumlah layanan perbankan seperti BRI, BNI, Mandiri, dan LinkAja.
  4. Lengkapi data diri mulai dari email, nomor KTP, hingga alamat lengkap. Nah, sistem pembayaran tersebut nantinya bisa Anda pakai untuk membeli pertalite dan solar di SPBU.
  5. Anda akan mendapat verifikasi dari MyPertamina apakah termasuk layak atau tidak membeli BBM bersubsidi.
  6. Jika sudah mendapat verifikasi, maka semua langkah sudah selesai dan Anda sudah bisa beli pertalite atau solar dengan aplikasi MyPertamina tersebut.

Baca Juga : Siap-Siap! Mobil Dinas TNI Polri dan CC Besar Bakal Dilarang Beli Pertalite