Penemuan Pemakaman Kuno dan Lukisan Mumi Di Mesir

Lukisan Mumi dan pemakaman kuno ditemukan di Mesir, jadi penemuan paling penting bagi arkeologi di tahun ini.

Penemuan Pemakaman Kuno dan Lukisan Mumi Di Mesir
Penemuan pemakaman kuno dan lukisan mumi di Mesir. Gambar : Dok. Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir

BaperaNews - Mesir kuno dikenal menyimpan banyak misteri dan penemuan barang atau hal lain yang usianya sudah mencapai ribuan tahun, seperti mumi atau beberapa nama misterius yang ada di barang penemuan. Diketahui, Sebuah pemakaman kuno dan lukisan mumi temukan di Mesir. Diduga bangunan dan lukisan ini berasal dari abad ke-3 SM.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari ABC News, Minggu (4/12) penemuan tersebut bermula dari sebuah bangunan kuburan besar yang telah berusia 2.300 tahun, di sana terdapat sejumlah lukisan mumi ditemukan di provinsi Fayoum, Mesir selatan. Tepatnya sekitar 60 kilometer selatan Kairo.

Pihak Kementerian Barang Antik Mesir mengatakan bahwa bangunan dan lukisan yang dikenal dengan nama potret Fayoum sudah ada sejak era Ptolemeus dan Romawi pada abad ke-3 SM. Bangunan pemakaman kuno dan lukisan mumi ini di desa Gerza Fayoum, yang dikenal sebagai Philadelphia selama periode Romawi.

"Struktur yang ditemukan adalah bangunan besar bergaya bangunan pemakaman dengan lantai ubin gipsum berwarna. Di sebelah selatannya, terdapat balai barisan tiang tempat sisa-sisa empat tiang ditemukan."kata Adel Okasha, Kepala Departemen Barang Antik di Kairo dan Giza, dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga : Para Arkeolog Temukan Kondom Milik Firaun, Terbuat Dari Apa Itu?

Penemuan pemakaman kuno dan lukisan mumi ini mendapat banyak pujian dari banyak orang sebagai penemuan paling penting bagi arkeologi di tahun ini. Karena lukisan mumi ini menjadi yang pertama ditemukan dalam rentang waktu 110 tahun.

Sebelumnya, pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, ahli Mesir Inggris Flinders Petrie pernah menemukan sekitar 150 potret mumi di pekuburan Romawi di situs arkeologi Fayoum di Hawara.

"Penemuan ini menunjukkan keragaman dan perbedaan kualitas proses mumifikasi selama masa Ptolemeus dan Romawi berdasarkan status keuangan almarhum (Flinders Petrie)," kata Mostafa Waziry, kepala Dewan Purbakala Tertinggi Mesir.

Mostafa Waziry juga mengatakan patung terakota langka (Dewa Kuno) Isis Aphrodite ditemukan di dalam salah satu pemakaman di peti mati kayu yang dikenal dengan 'Catatan Papirus' dengan prasasti Demotik dan Yunani yang menunjukkan status ekonomi dan agama dari penduduk daerah pada saat itu.

Beberapa tahun terakhir Mesir telah banyak berinvestasi dalam penemuan-penemuan kuno, berharap dapat menghidupkan kembali industri pariwisatanya yang terpuruk. Negara itu juga berencana meresmikan museum canggih di dekat Piramida Giza, yang menurut Mesir akan menjadi museum terbesar di dunia yang didedikasikan untuk satu peradaban.

Baca Juga : Sebuah Misteri Mahluk Tanpa Anus Berusia Setengah Miliar Terpecahkan