Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 Sudah Dibuka, Ini Syarat Pendaftarannya!

Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 mulai dibuka hari Jumat (3/2), Berikut syarat daftar Kartu Prakerja terbaru yang perlu kamu ketahui.

Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 Sudah Dibuka, Ini Syarat Pendaftarannya!
Pendaftaran kartu prakerja 2023 sudah dibuka. Gambar : ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

BaperaNews - Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 mulai dibuka hari Jumat (3/2), hal ini diinformasikan di akun Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id. Pendaftaran bisa dilakukan baik bagi peserta yang memiliki atau belum memiliki akun Prakerja.

“Pendaftaran Kartu Prakerja sudah dibuka”. Pengumuman di Instagram resmi Prakerja.

Gelombang yang dibuka di tahun 2023 ini ialah Gelombang ke-48. Bagi yang telah memiliki akun, cukup klik “Gabung”. Manajemen Kartu Prakerja kemudian akan memeriksa, jika lolos sebagai peserta akan muncul pemberitahuan di dashboard.

Adapun rincian bantuan biaya pelatihan Kartu Prakerja senilai Rp 3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600.000 yang akan diberikan sebanyak 1 kali, dan insentif survei sebesar Rp 100.000 untuk dua kali pengisian survei.

Jika kamu berminat untuk daftar Kartu Prakerja 2023, berikut syarat daftar Kartu Prakerja 2023 yang telah dirangkum oleh tim Redaksi Bapera News. 

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Kepala Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja William Sudhana memastikan Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 memang telah resmi dibuka. “Iya betul, sudah bisa” tutur William Sabtu (4/2). Hanya saja, peserta masih harus menunggu untuk bisa gabung gelombangnya. “Masyarakat bisa membuat akun dulu, isi data diri dengan jujur, benar, dan teliti” imbuhnya.

Kartu Prakerja dibuka untuk semua kalangan masyarakat, mulai dari lulusan SMA sederajat, S1, S2, atau S3 sudah bisa mendaftar. Semua orang bisa mendaftar selama namanya tidak terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek atau tidak menjadi peserta pendidikan formal baik sekolah dasar dan menengah maupun di universitas atau perguruan tinggi.

Baca Juga : Ayo Daftar Kartu Prakerja 2023! Bakal Ada Insentif Rp 4.2 Juta

Kartu Prakerja dibuka untuk :

  • Seluruh angkatan kerja di Indonesia.
  • Umur 18-64 tahun.
  • Tiap orang yang butuh peningkatan kompetensi termasuk yang sudah atau belum bekerja, sedang bekerja, atau yang pernah bekerja namun dirumahkan.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 

Berikut informasi syarat daftar Kartu Prakerja 2023 yang sudah Tim Redaksi Bapera News rangkum dari laman resmi prakerja.go.id.

  • Sedang mencari kerja, buruh atau pekerja yang kena PHK, buruh atau pekerja yang butuh peningkatan kompetisi, pelaku usaha mikro atau kecil.
  • Bukan pejabat Negara, bukan ASN, bukan perangkat desa, bukan TNI Polri ataupun pekerja di BUMN dan BUMD.
  • Maksimal 2 NIK di 1 KK boleh mendaftar Kartu Prakerja. 

Kartu Prakerja di tahun 2023 ini akan dijalankan dengan pelatihan secara langsung, beda dengan tahun sebelumnya yang dilakukan secara online, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan keterampilan yang diterima pekerja, diharapkan para peserta Kartu Prakerja bisa benar-benar mendapat kompetisi yang bermanfaat untuk kehidupan kerja maupun untuk usahanya. 

Jadi tunggu apa lagi, yuk daftar Kartu Prakerja dan dapatkan manfaatnya!

Baca Juga : Menko Airlangga : Pelatihan Kartu Prakerja Akan Tatap Muka Pada Kuartal I 2023