Pemerintah Siapkan 1 Juta Lowongan Kerja Untuk CPNS Dan PPPK, Berikut Rincian Lengkapnya!

Pemerintah memiliki rencana untuk membuka 1 juta lowongan kerja untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2022 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun anggaran 2022.

Pemerintah Siapkan 1 Juta Lowongan Kerja Untuk CPNS Dan PPPK, Berikut Rincian Lengkapnya!
Pemerintah memiliki rencana untuk membuka 1 juta lowongan kerja untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2022 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun anggaran 2022. Gambar : ANTARA FOTO/Dok. Galih Pradipta

BaperaNews - Pemerintah memiliki rencana untuk membuka lowongan kerja untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2022 sebanyak 1.086.128 formasi dalam pengadaan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun anggaran 2022.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negeri dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Ad Interim Mahfud MD membenarkan rencana terkait pembukaan calon ASN 2022 tersebut.

Perlu diketahui, saat ini Mahfud MD sementara menggantikan Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negeri dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) dikarena Tjahjo Kumolo saat ini sedang sakit. 

"Adapun jumlah rencana usulan rekrutmen calon ASN 2022 adalah 1.086.128 orang atau formasi jabatan," ujar Mahfud dalam Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (28/6).

Mahfud menjelaskan bahwa dari 1.035.811 formasi yang akan dibuka untuk PPPK, dialokasikan terbesar di daerah untuk guru yakni sebanyak 758.018 formasi serta fungsional sebanyak 184.239 formasi.

Sementara untuk tingkat pusat, PPPK untuk guru akan dibuka sebanya 45 ribu formasi, dosen 20 ribu formasi, dokter atau tenaga kesehatan akan dibuka sebanyak 3 ribu formasi, serta jabatan teknis lainnya akan dibuka sebanyak 25.554 formasi.Selain itu, pada tahun ini juuga akan dibuka lowongan kerja untuk CPNS sebanyak 8.491 untuk sekolah kedinasan.

Baca Juga : Pengguna BBM Subsidi Pertalite dan Solar Wajib Daftar Di Aplikasi MyPertamina

Kendati demikian, Mahfud belum menjelaskan secara lebih lanjut terait kapan pengadaan formasi baru CPNS 2022 dan PPPK 2022 akan dibuka. Menurutnya, rekrutmen CPNS 2022 memang akan berfokus pada seleksi PPPK guru dan tenaga kesehatan.

Diketahui sebelumnya, Menpan RB Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa pemerintah hanya akan merekrut PPPK di tahun ini. Sementara untuk formasi atau lowongan kerja untuk CPNS 2022 tidak akan dibuka pada tahun ini.

"Untuk Seleksi CASN Tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini, formasi untuk CPNS tidak tersedia. Untuk itu, berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2022 ini," kata Tjahjo dalam keterangan tertulis, 18 Januari 2022.

Tjahjo menjelaskan kebijakan merekrut PPPK berkaca dari sistem kerja beberapa negara maju. Menurut Tjahjo di beberapa negara maju, jumlah government worker atau pelayan publik (PPPK) lebih banyak ketimbang jumlah civil servant (PNS).

Merekrut tenaga PPPK dinilai lebih efisien waktu dan anggaran ketimbang CPNS yang membutuhkan waktu seleksi lebih lama.

"Rangkaian pelaksanaan seleksi CPNS relatif membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan PPPK, sehingga dikhawatirkan tidak akan selesai tepat waktu jika membuka formasi CPNS pada tahun ini," ucap Tjahjo soal CPNS 2022.