Pemerintah Bakal Buka Pendaftaran 1,6 Juta CPNS Tahun 2023

Lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan kembali dibuka pemerintah di tahun 2023 ini, sekitar 1,6 juta formasi disediakan dalam waktu dekat yang terdiri dari PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Pemerintah Bakal Buka Pendaftaran 1,6 Juta CPNS Tahun 2023
Pemerintah Bakal Buka Pendaftaran 1,6 Juta CPNS Tahun 2023 . Gambar : AFP/Juni Kriswanto

BaperaNewsLowongan Calon Aparatur Sipil Negara atau CPNS akan kembali dibuka pemerintah di tahun 2023 ini, sekitar 1,6 juta formasi disediakan dalam waktu dekat yang terdiri dari PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Lowongan CPNS ini memberi peluang bagi muda mudi terbaik bangsa untuk ikut serta dalam membangun negara.

Diketahui menjadi PNS dan pegawai negara jadi impian banyak masyarakat Indonesia karena dinilai memberi pendapatan tetap dan jam kerja yang lebih terjamin. Lowongan CPNS 2023 selalu menjadi informasi yang dinantikan.

Dari jumlah tersebut, 1,03 juta diantaranya ialah PNS untuk daerah. MenPAN RB Azwar Anas menyebut sudah menandatangani surat usulan jumlah formasi tersebut untuk nantinya disampaikan kepada Menkeu Sri Mulyani, usulan datang dari sejumlah kementerian dan lembaga hingga pemerintah daerah. 

Baca Juga : Segera Dibuka! Simak Jadwal, Syarat, dan Cara Daftar CPNS 2023

“CPNS ini saya hari ini akan tanda tangan surat usulannya kepada Menkeu Sri Mulyani. Dari surat usulan tersebut, ada sekitar 1,03 juta orang formasi untuk daerah, usulan itu datang dari berbagai kementerian dan lembaga, dengan proyek formasi sekitar 1,6 juta” jelas Azwar hari Rabu (17/5).

Azwar belum mengungkap kapan waktu rekrutmen CPNS akan mulai dilaksanakan, ia hanya menyebut saat ini sudah banyak diskusi dengan stakeholder terkait.

Sementara itu Kepala Biro DAKIP (Data, Komunikasi, Informasi Publik) KemenPAN RB Mohammad Avverouce menyebut jumlah angka 1,6 juta formasi lowongan CPNS 2023 ini masih dalam tahap validasi.

“Rencana kebutuhan ASN di pusat dan daerah itu sebanyak 1,03 juta terdiri dari CPNS dan PPPK yang masih difinalkan dan sejalan dengan proses validasi yang dilakukan terhadap usulan dari pemerintah daerah dan pusat” tuturnya.

Avverouce menambahkan, untuk tahun CPNS 2023 ini jumlah penerimaan CPNS yang sudah ditetapkan ada 4.672 berasal dari sekolah kedinasan. Maka sisanya ialah dari tes yang dilakukan oleh pendaftar. Sekolah kedinasan sendiri memang sekolah milik pemerintah yang lulusannya akan langsung menjadi pegawai negara dengan perjanjian lama waktu kerja dan penempatan.

Namun di luar itu masih banyak kebutuhan akan ASN sehingga akan didapatkan dari rekrutmen CASN. Jadwal maupun jumlah pasti dari formasi yang dibutuhkan masih dalam tahap pengaturan dan akan diumumkan segera jika semua sudah final.

Baca Juga : Fakta-Fakta Lowongan CPNS 2023, Ada Kisi-Kisi Tesnya!