PBSI Berduka, Atlet Bulu Tangkis Syabda Perkasa Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

Atlet muda bulu tangkis tunggal putra, Syabda Perkasa Belawa, meninggal dunia pada Senin (20/3) akibat kecelakaan dalam perjalanan ke Jawa Tengah. 

PBSI Berduka, Atlet Bulu Tangkis Syabda Perkasa Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan
Atlet Bulutangkis Syabda Perkasa Belawa Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan. Gambar : Instagram.com/@syabdaperkasa

BaperaNews - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) berduka, atlet muda bulu tangkis tunggal putra, Syabda Perkasa Belawa, meninggal dunia pada Senin (20/3) akibat kecelakaan dalam perjalanan ke Jawa Tengah. 

Kabar duka Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia disampaikan secara resmi oleh PBSI melalui media sosial Twitter, Senin (20/3).

"Keluarga besar PP PBSI mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu atlet muda Indonesia, Syabda Perkasa Belawa (21 tahun) dalam kecelakaan di tol Pemalang (Jawa Tengah), Senin (20/3) dini hari," tulis akun PBSI.

Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia di usia 21 tahun, Yuni Kartika, mantan pebulu tangkis Indonesia menyampaikan Syabda meninggal dunia dalam perjalanan ke Sragen untuk berziarah karena neneknya meninggal dunia.

Baca Juga : Kabar Duka, Emak Bajaj Bajuri, Nani Wijaya Meninggal Dunia

Prestasi Syabda Perkasa Belawa

Mengenang atlet muda bulu tangkis berbakat, Syabda Perkasa Belawa, sepanjang kariernya sebagai atlet, ia telah mengukir banyak prestasi membanggakan untu Indonesia.

Adapun Prestasi Syabda Perkasa Belawa yang pertama adalah dengan berhasil mengawali karier profesionalnya dengan bergabung ke PB Djarum Kudus pada 2013. Ia lalu bergabung ke Pelatnas Cipayung mulai 2018. 

Prestasi luar biasa Syabda diperlihatkan di Jakarta Junior International, turnamen rangkaian BWF Junior International, pada 2019. Kala itu, ia menjadi juara. Pada 2022 Syabda juara Lithuanian International dan Malaysia International. Sedangkan pada 2023 Syabda juara Iran International.

Ia sempat menjadi pahlawan Indonesia saat turun di laga kelima kontra Korea Selatan di matchday pamungkas Grup A Piala Thomas 2022. Lewat permainan hebatnya, Syabda Perkasa Belawa menumbangkan wakil Korea Selatan Lee Yun-gyu dengan skor 21-14, 11-21 dan 21-16.

Berkat kemenangan Syabda Perkasa Belawa, Indonesia menumbangkan Korea Selatan dengan skor 3-2. Hal tersebut membuat Indonesia lolos ke perempatfinal Piala Thomas 2022 lewat status juara grup.

Baca Juga : Fajar/Rian Sedih Lihat Ahsan Cedera Meski Jadi Juara All England 2023