Operasi Ketupat 2023 Akan Digelar 7 Hari Sebelum Lebaran

Korlantas Polri akan menggelar operasi ketupat menjelang lebaran 2023 yang rencananya dilakukan 7 hari sebelum lebaran.

Operasi Ketupat 2023 Akan Digelar 7 Hari Sebelum Lebaran
Operasi Ketupat 2023 Akan Digelar 7 Hari Sebelum Lebaran. Gambar : Antara Foto/Dok. Sigid Kurniawan

BaperaNews - Polri masih menyiapkan segala urusan terkait operasi ketupat menjelang lebaran 2023 yang rencananya akan dilaksanakan pada H-7 Lebaran 2023.

“H-7 Lebaran itu menggelar operasi ketupat, tapi persiapannya masih kami lakukan” tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo pada Jumat (24/3).

Dedi menyebut saat ini Polri masih fokus menyiapkan segala sesuatunya untuk menjalankan operasi ketupat 2023, persiapan dilakukan bersama stakeholder terkait.

“Bersama Kementerian Perhubungan dan Bina Marga yang mengelola jalan tol” imbuh Dedi.

Sebelumnya Polri menyebut akan melakukan pengawasan dan pengaman lalu lintas jelang arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Karo Penmas Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan juga memastikan operasi ketupat 2023 pasti akan dilaksanakan sebelum lebaran 2023.

“Dan yang kami siapkan ialah operasi ketupat 2023 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat” tutur Ahmad Senin (6/3) lalu.

Baca Juga : Apakah Diskon Tarif Tol Akan Berlaku di Mudik Lebaran 2023? Ini Kata BPJT

Ahmad belum menjelaskan secara rinci kapan operasi ketupat 2023 mulai dijalankan, ia berharap arus mudik dan arus balik di Indonesia bisa berjalan lebih lancar dan tertib dengan operasi ketupat tersebut.

“Operasi ketupat ini ialah operasi kemanusiaan, yang tentunya agar masyarakat bisa memakai jalan dengan aman, tertib, lancar, selamat, dan sehat” lanjutnya.

Pihaknya juga telah melakukan survey ke berbagai titik yang menjadi lokasi operasi ketupat misalnya di Semarang, ruas tol Jakarta – Surabaya, hingga Pantai Utara Jakarta.

“Korlantas Polri dan stakeholder terkait telah lakukan survey ke berbagai ruas jalan mulai dari jalan di Pantai Selatan, Banten, Yogyakarta, Semarang, tol Jakarta Surabaya, rusa jalan ke Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Ciwandan, juga di Pantai Utara Jakarta” terangnya.

Lebih lanjut, Ahmad menyebut akan lakukan rapat terlebih dahulu untuk membahas Surat Keputusan Bersama (SKB) Lebaran 2023.

“Korlantas sudah lakukan rapat teknis koordinatif, hal ini akan terus dilakukan untuk siapkan SKB, suratnya tentang pembatasan kendaraan yang lewat tol maupun arteri. Rekayasa lalu lintas akan dilakukan di jalan tol dan non tol, hasil koordinasi ini yang akan jadi bahan untuk pelaksanaan operasi ketupat dan nanti pasti kami sampaikan” pungkas Ahmad.

Jika SKB dan rencana pelaksanaan operasi ketupat 2023 resmi dibuat, Korlantas Polri akan menyampaikan selengkapnya kepada masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Hindari Tanggal Ini! Simak Waktu yang Tepat Untuk Mudik Lebaran 2023