OpenAI Rilis ChatGPT 4, Bisa Jawab Input Gambar?

CEO OpenAI SAM Altman merilis ChatGPT versi terbaru yakni GPT-4. Dikabarkan ChatGPT 4 ini dapat menginput teks dan gambar.

OpenAI Rilis ChatGPT 4, Bisa Jawab Input Gambar?
OpenAI Rilis ChatGPT 4. Gambar : Unsplash.com/Dok. Emiliano Vittoriosi

BaperaNews - ChatGPT dalam rilis terbarunya mengungkap versi terbaru GPT-4. OpenAI yang merupakan perusahaan induk ChatGPT menyebut versi terbarunya ini memakai model kecerdasan buatan (AI) yang mampu menerima teks maupun gambar.

ChatGPT 4 saat ini telah mendukung beragam aplikasi mulai dari Bing hingga ChatGPT. OpenAI mengklaim model terbarunya lebih variatif dan kolaboratif dari seri sebelumnya, bisa memecahkan masalah sulit dengan akurasi lebih tinggi.

ChatGPT 4 bisa mengurai input teks dan gambar, sejauh ini hanya bisa menjawab dengan teks. OpenAI mengingatkan bahwa sistem telah mempertahankan banyak masalah yang sama sebagaimana model terdahulunya, termasuk kecenderungan mengarang informasi dan memiliki kapasitas yang bisa menghasilkan teks berbahaya atau kasar.

Perusahaan menjelaskan telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan untuk integrasi ChatGPT 4 ke produk mereka seperti Stripe, Khan Academy, dan Duolingo.

Model baru telah tersedia untuk publik melalui versi ChatGPT Plus, juga dengan langganan ChatGPT bulanan seharga US$ 20, dan mendukung chatbot dari Bing Microsoft.

Baca Juga : Microsoft Klaim ChatGPT 4 Akan Hadirkan Fitur Buat Video

ChatGPT 4 Disebut Masih Cacat

Sebuah blog penelitian menyebut perbedaan ChatGPT 4 dan versi pendahulunya ChatGPT 3.5 ialah pada kehalusannya. Pada percakapan biasa, ChatGPT 3.5 ialah model yang telah mendukung ChatGPT.

CEO OpenAI SAM Altman mengakui ChatGPT 4 masih cacat dan terbatas, namun akan lebih mengesankan pada penggunaan pertama dibanding ketika menghabiskan banyak waktu dengannya.

Maka banyak yang berspekulasi tentang kemampuan ChatGPT 4 selama setahun belakangan, banyak yang menduga akan memiliki sistem lebih besar dari sebelumnya.

“Orang-orang berharap untuk kecewa dan mereka kecewa” tutur SAM Altman dalam sebuah wawancara tentang model ChatGPT 4 pada Januari lalu.

Perusahaan menegaskan peningkatan ChatGPT 4 telah terbukti di sistem tolak ukur dan teks, termasuk untuk ujian sekolah hukum LSAT, ujian pengacara Uniform Bar Exam, ujian matematika SAT Math, juga ujian baca tulis berbasis SAT.

Sebagai informasi ChatGPT ialah sebuah platform yang bekerja dan dikembangkan dengan kecerdasan buatan (AI). Platform ini tidak sembarangan, ia bisa berinteraksi dan memberi respon sebagaimana manusia ketika berbincang.

ChatGPT bisa membuat teks seperti perintah, menerjemahkan kalimat dari beragam bahasa, melengkapi kalimat, juga membuat dialog percakapan.

Bahasa utama dalam ChatGPT ialah bahasa Inggris. Sebelumnya ChatGPT hanya bisa bekerja dengan teks, kini telah diperbarui menjadi teks dan gambar sehingga pengguna bisa memakainya dengan lebih mudah dan luas.

Baca Juga : Cara Gunakan ChatGPT di HP Dengan Mudah