Obyek Wisata Viral Pulau Begansar, Bisa Bergerak Sendiri Di Waktu Tertentu!

Beberapa waktu lalu ada sebuah obyek wisata yang viral di media sosial terkait adanya sebuah pulau yang bisa bergerak sendiri dan pulau tersebut bernama pulau begansar.

Obyek Wisata Viral Pulau Begansar, Bisa Bergerak Sendiri Di Waktu Tertentu!
Obyek Wisata Viral Pulau Begansar, Bisa Bergerak Sendiri di Waktu Tertentu! Gambar : Kumparan.com/Dok. Tan Jasmin Slater

BaperaNews - Beberapa waktu lalu ada sebuah video yang diunggah oleh akun channel YouTube Indoflashlight menjadi sorotan warganet. Dalam video tersebut, memperlihatkan sebuah obyek wisata yang unik yakni ada pulau yang bisa bergerak sendiri dan berpindah-pindah tempat mengikuti arus air. Nyatanya pulau tersebut bernama Pulau Begansar.

Pulau yang diketahui terletak di Danau Bagut, Dusun Kuala Buin, Desa Entibab, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Pulau tersebut diberi nama Pulau Begansar yang menurut bahasa setempat memiliki arti bergerak.

Menurut cerita yang beredar, awalnya di danau itu terdapat tujuh pulau yang bisa bergerak. Namun, kini tersisa dua pulau yang bisa bergerak, karena selebihnya sudah mati. Konon, pulau tersebut memiliki kepala dan ekor, namun tidak terlihat. Pulau tersebut mampu berpindah-pindah lokasi dengan mengikuti arus air.

Kabupaten Kapuas Hulu merupakan kabupaten yang berada di ujung wilayah Indonesia bagian timur. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Malaysia. Pulau Begansar memang menjadi salah satu obyek wisata di Kalimantan Barat, namun mungkin masih belum begitu populer di telinga masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Kronologi Penemuan 10 Hektar Ladang Ganja Di Cianjur Jawa Barat

Padahal, sebenarnya obyek wisata ini sudah dibuka sejak tahun 2016. Sudarso yang saat itu menjabat sebagai Kepala Desa Entibab Kecamatan Bunut Hilir menyampaikan alasan mengapa Pulau Begansar baru dibuka tahun 2016, lantaran akses jalan darat menuju Pulau Begansar baru dapat dilewati.

"Ada 2 (dua) buah pulau yang aktif begansar (bergerak) dan berjalan atau berpindah tempat, yang mana jarak pulau tersebut berpindah bisa sampai ratusan meter jauhnya," ujar Sudarso

Sudarso mengatakan bahwa pulau tersebut jarang bergerak jika sudah memasuki musim kemarau. Namun, saat air danau mulai pasang, banyak wisatawan yang bisa menyaksikan langsung Pulau Begansar berpindah tempat. Yakni sekitar pukul 08.00 hingga 15.00 waktu setempat.

"Pulau Begansar mulai bergerak sekitar pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB atau pagi mulai bergerak, sorenya kembali ke tempat semula," tulis keterangan dalam unggahan video

Secara ukuran memang Pulau Begansar dapat dibilang tidak cukup besar. Maka dari itu, untuk berada di atas pulau tersebut, jumlah orangnya pun mesti dibatasi. Hanya bisa dinaiki sekitar 40 hingga 50 orang saja.

Pemda Kabupaten Kapuas Hulu berharap obyek wisata Pulau Begansar membantu desa Entitab berkembang. Sebab, pulau ini memiliki daya tarik khas yang dapat menarik wisatawan.