Netflix Mulai Blokir Akun Sharing di AS, Indonesia Kapan?

Platform streaming film terkemuka, Netflix mulai memblokir sharing password atau akun yang nebeng pengguna lain di Amerika Serikat (AS).

Netflix Mulai Blokir Akun Sharing di AS, Indonesia Kapan?
Sharing Password Netflix. Gambar : Unsplash.com/Dok. Souvik Banerjee

BaperaNews - Netflix menyebut akan memblokir sharing password Netflix atau akun yang nebeng pengguna lain di platformnya sejak tahun 2022 lalu. Kini Netflix mulai menepati janjinya.

Awal minggu ini, sejumlah pengguna Netflix di Amerika Serikat mendapat peringatan agar tidak melakukan sharing password Netflix, hal ini berlaku untuk pengguna yang tinggal di luar rumah atau beda rumah. Bagi pengguna yang serumah diizinkan sharing password Netflix.

“Akun Netflix Anda hanya boleh dipakai oleh Anda sendiri dan orang yang tinggal bersama Anda di rumah,” kata Netflix pada email yang mereka kirim ke pelanggan yang juga diunggah di blog resmi.

Lebih lanjut, Netflix menegaskan akun pelanggan bisa dipakai orang lain yang tidak serumah dengan syarat orang tersebut membayar biaya tambahan US$ 7,00 atau Rp 119.000 per bulannya.

Upaya Netflix ini dilakukan untuk menambah jumlah pendapatan perusahaan dan menambah jumlah pelanggan, Netflix mengendus jumlah pertambahan pelanggannya mulai stagnan.

Sebenarnya, rencana sapu bersih akun penebeng password ini direncanakan oleh Netflix sejak awal tahun 2023, namun hal itu ditunda atas rekomendasi dari para investor.

Alhasil, kebijakan baru mulai dilakukan pada kuartal 2 2023. Setelah AS, dipastikan negara lain juga akan diterapkan kebijakan serupa termasuk Indonesia.

Baca Juga : Netflix Rilis Fitur My List: Mudahkan Pengguna Cari Film Favorit

Para pelanggan akan mendapat email peringatan terlebih dahulu sebagai bentuk sosialisasinya.

Netflix menyebut ada lebih dari 100 juta pelanggan lakukan aksi nebeng password dimana angka itu sama dengan 43% dari total pengguna Netflix seluruh dunia.

Jika terus berlanjut, Netflix khawatir tidak bisa investasi lebih banyak untuk membuat konten lebih berkualitas.

Awal tahun ini kebijakan sudah direncanakan untuk dilaksanakan di 4 negara yakti Kanada, Portugal, Selandia Baru, dan Spanyol.

Netflix meminta pelanggan di negara tersebut untuk mengaktifkan informasi lokasi di perangkatnya dan mengizinkan dua orang pengguna lain yang tidak serumah berbagi password asal mau membayar biaya tambahan.

Netflix mengakui kebijakan ini mungkin akan dikeluhkan banyak pengguna, namun jika dibiarkan, Netflix juga beresiko kehilangan potensi pendapatan dalam jangka panjang.

Agar pelanggan tidak kabur, Netflix memberi diskon langganan. Belum diketahui kapan kebijakan serupa akan diterapkan di Indonesia.

Biaya langganan Netflix di Indonesia saat ini telah banyak diskon, paket Basic Rp 65.000 per bulan sebelumnya Rp 120.000 per bulan, Paket standar yang semula Rp 153.000 kini menjadi Rp 120.000 sebulan, dan paket Mobile serta Premium masih sama Rp 54.000 dan Rp 186.000 per bulan.

Baca Juga : Mulai Maret 2023, Fitur Sharing Password Netflix Cuma Bisa Buat yang Serumah