Negara Ini Punya Aturan Lalu Lintas Unik di Dunia, Nomor 5 Paling Unik!

Setiap Negara pasti memiliki aturan lalu lintas yang berbeda-beda. Namun, tahu tidak ternyata di Negara luar punya aturan lalu lintas yang unik lho. Yuk simak!

Negara Ini Punya Aturan Lalu Lintas Unik di Dunia, Nomor 5 Paling Unik!
Daftar aturan lalu lintas unik di dunia. Gambar : unsplash.com/Dok. CHUTTERSNAP

BaperaNews - Peraturan lalu lintas dibuat untuk menciptakan ketertiban umum. Seperti diketahui, surat tilang di Indonesia sudah tidak lagi berlaku dan digantikan dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sebuah sistem kamera yang bisa mendeteksi pelanggaran dan mengirim surat tilang otomatis ke ponsel pemilik kendaraan.

Terkait kebijakan baru lalu lintas di Indonesia, ternyata di berbagai Negara juga memiliki kebijakan uniknya sendiri lho! Tim Redaksi Bapera News sudah merangkum sejumlah daftar aturan lalu lintas unik di dunia, simak yuk!

Baca Juga : UU Lalu Lintas: Lewati Genangan Air di Jalan Harus Pelan, Jangan Asal Terobos

Daftar Aturan Lalu Lintas Unik di Dunia:

1. Aturan Lalu Lintas Unik di Jepang

Akan sangat menyebalkan bila terkena cipratan air ketika sedang berjalan di pinggir jalan raya, saat kita berjalan kaki saat atau setelah hujan, akibatnya Jepang membuat aturan lalu lintas bagi para pengendara agar lebih berhati-hati dan tidak merugikan pejalan kaki.

Jepang memberikan denda untuk setiap pengendara yang menyipratkan air ke pejalan kaki.

2. Aturan Lalu Lintas Unik di China

Pemerintah China menerapkan sistem undian untuk menentukan siapa yang berhak membeli mobil. Jadi, polusi yang ditimbulkan dari kendaraan bisa diminimalisir. Aturan lalu lintas unik di China ini guna mengurangi polusi udara dan kemacetan yang terjadi di China.

3. Aturan Lalu Lintas Unik di Jerman

Di Jerman, ada jalan tol yang bebas dari kemacetan, yaitu Autobahn. Di dalam jalan tersebut, kendaraan bisa bebas mengemudi dengan kecepatan tanpa batas.

Namun, aturan lalu lintas di Jerman membuat syarat, apabila di tengah jalan kendaraan kehabisan bensin maka wajib membayar denda Rp 10 juta.

4. Aturan Lalu Lintas Unik di Inggris

Aturan lalu lintas unik di Inggris adalah larangan membunyikan klakson berkali-kali akan mendapat denda sebesar Rp 500 ribu, bahkan bisa berlanjut hingga ke pengadilan. Aturan lalu lintas di Inggris ini guna membuat ketenangan di jalan bagi sekitar.

Baca Juga : Daftar Penyesuaian Tarif 25 Ruas Tol Yang Akan Naik di 2023

5. Aturan Lalu Lintas Unik di Rusia

Salah satu daftar aturan lalu lintas unik di dunia berasal dari Rusia yang memiliki aturan lalu lintas dengan membuat para pemilik kendaraan wajib rajin mencuci kendaraannya. Hal ini dikarenakan saat kita berkendara dengan mobil yang kotor, maka kita termasuk melakukan tindakan ilegal dan dapat dikenakan sanksi denda sebesar 800 hingga 2 ribu Rubel Rusia atau setara dengan Rp 138 ribu hingga Rp 345 ribu.

Namun, kotor dalam kebijakan ini dimaksudkan adalah kendaraan yang kotor dengan penuh lumpur. Sehingga, hal itu memungkinkan polisi tidak dapat mengidentifikasi nomor dan jenis kendaraan, karena itulah kebijakan tersebut diterapkan.

6. Aturan Lalu Lintas Unik di Afrika Selatan

Aturan lalu lintas unik di Afrika Selatan membuat pengemudi diharuskan menghentikan kendaraannya untuk dapat mendahulukan seorang gembala yang hendak melintas. Jika pengemudi melanggar ketentuan tersebut, maka pengemudi akan dikenakan denda sebesar Rp 8 juta.

7. Aturan Lalu Lintas Unik di Amerika

Biasanya aturan mengemudi di berbagai Negara melarang membunyikan klakson jika tidak ada hal urgensi. Namun, aturan lalu lintas unik di Amerika justru mewajibkan menyalakan klakson sebelum hendak melintas dimanapun berada.

Aturan lalu lintas ini unik karena bakal membingungkan banyak pihak, khususnya pejalan kaki. Sebab tidak ada yang tahu maksud dan tujuan yang sebenarnya dari dibunyikannya klakson. 

8. Aturan Lalu Lintas Unik di Spanyol

Di Spanyol dilarang mengemudi tanpa kacamata bagi pengemudi yang memiliki riwayat rabun jauh. Aturan lalu lintas unik di Spanyol ini membuat kita berpikir bagaimana cara polisi mengetahui setiap pengemudi memiliki riwayat gangguan mata.

Namun, tentunya aturan lalu lintas unik ini merupakan hal yang serius dan perlu menjadi kesadaran diri sendiri untuk menjaga diri tetap aman selama berkendara. 

9. Aturan Lalu Lintas di Turki

Aturan lalu lintas di Turki yang menarik adalah larangan makan dan minum ketika sedang mengemudi. Aturan lalu lintas unik ini diharapkan bisa menekan angka kecelakaan dan dapat memberikan kenyamanan antara sesama pengguna jalan baik pengemudi dan pejalan kaki, bahkan tak terkecuali binatang yang kerap kali ada di pinggir jalan.

Unik bukan aturan lalu lintas yang ada di belahan dunia ini?

Baca Juga : Rencana ERP, Inilah Daftar Jalan Berbayar di Jakarta