Musrembang Kecamatan Haltim Digelar di Ruang Kelas SMPN 3 Halongonan Timur

Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Padang Lawas Utara tahun 2025 digelar dengan semarak di Ruang Kelas SMPN 3 Halongonan Timur. Simak selengkapnya di sini!

Musrembang Kecamatan Haltim Digelar di Ruang Kelas SMPN 3 Halongonan Timur
Musrembang Kecamatan Haltim Digelar di Ruang Kelas SMPN 3 Halongonan Timur. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun 2025 digelar dengan semarak di Ruang Kelas SMPN 3 Halongonan Timur, Desa Siancimun.

Meskipun awalnya direncanakan di Aula Rapat Kantor Camat Halongonan Timur (Haltim), acara ini dipindahkan ke ruang kelas sekolah karena Aula Rapat digunakan untuk perhitungan rekapitulasi nasional pemilu yang masih berlangsung hingga sekarang. Proses belajar mengajar pun dialihkan ke luar ruangan sekolah, pada Rabu (21/2).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM, yang diwakili oleh Asisten 1 Pemerintahan Sarifuddin Harahap, S. Sos, Anggota DPRD Paluta Fraksi Golkar Mula Rotua Siregar, OPD, Camat Halongonan Timur Ahmad Syukri Siregar, S. STP M. AP, Bhabinkabtibmas, Babinsa, Para Kepala Sekolah, Para Kepala Desa, Kepala Puskesmas, dan peserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Asisten 1 Pemerintahan Sarifudin menekankan pentingnya mengutamakan pembangunan skala prioritas.

"Saya melihat ini banyak yang diusulkan tidak benar-benar kebutuhan prioritas. Kalau memang prioritas, pasti beberapa desa kompak dengan usulan yang sama, dan pembangunannya memberikan manfaat kepada banyak desa," ujarnya.

Sarifuddin juga menambahkan bahwa tujuan pelaksanaan Musrembang adalah untuk memfasilitasi penyampaian aspirasi masyarakat agar dapat diusulkan ke tingkat kabupaten.

"Kabupaten fokusnya adalah penyusunan usulan skala prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 yang bersumber dari usulan masyarakat yang dihasilkan dari Musrenbang Desa," jelasnya.

Rancangan Awal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2025 merumuskan 4 prioritas pembangunan, yaitu peningkatan pemerintahan yang baik dan bersih, peningkatan pembangunan manusia yang berkualitas, peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan peningkatan keberlanjutan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Sementara itu, Camat Halongonan Timur Ahmad Syukri Siregar berharap agar desa dan unsur kecamatan lainnya dapat memberikan masukan usulan pembangunan di Kecamatan Halongonan Timur.

"Harapan kami kepada seluruh Kepala Desa nantinya dapat memberikan masukan ataupun hal-hal yang diperlukan baik itu dalam kegiatan pembangunan fisik dan infrastruktur ataupun dibidang pertanian dan yang diperlukan di desa masing-masing," pungkasnya.

(Haryan Harahap).