10 Rekomendasi Museum di Jogja Terbaik

Jogja menyimpan museum-museum yang mengagumkan. Temukan rekomendasi terbaik untuk mengenal sejarah, seni, dan kebudayaan kota ini.

10 Rekomendasi Museum di Jogja Terbaik
Museum di Jogja terbaik. Gambar : unsplash.com/Dok. Ruben Ramirez

BaperaNews - Yogyakarta atau biasa disebut Jogja merupakan kota yang kaya akan sejarah, budaya, dan seni. Di tengah gemerlapnya keramaian kota ini, terdapat sejumlah museum yang menjadi saksi bisu akan kejayaan masa lalu serta keindahan seni dan budaya. 

Bagi pecinta sejarah, seni, dan pengunjung yang ingin mengeksplorasi aspek budaya kota ini, museum-museum di Jogja adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.  Selain menawarkan keindahan dan kenyamanan, museum Jogja juga menyimpan beragam kisah dan sejarah yang menarik. 

Berbagai macam museum di Jogja yang tersedia, mulai dari museum seni, museum terbaik, museum yang Instagramable hingga museum di Jogja yang gratis. Berikut rekomendasi museum di Jogja terbaik yang Bapera News rangkum untuk kamu.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Museum di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Museum di Jogja : 

1. Museum Keraton Yogyakarta

Museum Keraton Yogyakarta

Museum Keraton Yogyakarta. Gambar : Dok. Direktori Online Museum di Indonesia

Salah satu museum terbaik di Jogja adalah Museum Keraton Yogyakarta yang terletak di kompleks Keraton Yogyakarta. Museum ini menyajikan koleksi yang menggambarkan kehidupan keraton atau istana pada masa lampau. 

Pengunjung dapat melihat berbagai artefak, seperti pakaian adat, perhiasan, senjata tradisional, serta benda-benda kerajaan lainnya. Museum di Jogja ini memberikan wawasan yang mendalam tentang budaya dan sejarah Jawa.

2. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu. Gambar : Instagram/@amdeyr

Museum Ullen Sentalu merupakan museum seni dan budaya yang menampilkan koleksi memukau, termasuk lukisan, patung, dan berbagai artefak bersejarah. 

Kamu dapat mengeksplorasi karya seni yang mempesona dan belajar lebih dalam tentang budaya Jawa melalui pameran interaktif yang disajikan. Museum Ullen Sentalu menjadi salah satu museum di Jogja yang Instagramable.

3. Jogja Gallery

Jogja Gallery

Jogja Gallery. Gambar : jogjagallery.net

Jogja Gallery ialah sebuah galeri seni yang menampilkan karya seniman lokal maupun internasional. Pengunjung dapat menikmati beragam karya seni kontemporer, lukisan, patung, dan instalasi yang menarik. 

Keberagaman ekspresi seni yang ditampilkan di sini menjadikan Jogja Gallery menjadi museum seni di Jogja terbaik yang wajib kamu kunjungi, terutama bagi pecinta seni.

4. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg. Gambar : Dok. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Museum Benteng Vredeburg merupakan bekas benteng peninggalan zaman kolonial. Museum ini menawarkan pengalaman yang menyeluruh tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. 

Melalui koleksi artefak, foto, dan rekaman sejarah, pengunjung dapat merasakan atmosfer perjuangan pada masa lalu.

5. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta. Gambar : Republika.co.id

Taman Pintar Yogyakarta adalah museum interaktif yang menyenangkan, terutama bagi anak-anak. Museum ini memadukan ilmu pengetahuan dan seni dalam bentuk pameran yang menarik. Pengunjung dapat belajar sambil bermain dan melakukan eksperimen ilmiah yang seru. 

6. Museum Affandi

Museum Affandi

Museum Affandi. Gambar : Instagram/@olipe_oile

Museum Affandi didedikasikan untuk mengenang dan menghormati karya sang maestro seni, Affandi. Museum ini menampilkan karya-karya Affandi yang terkenal, seperti lukisan aliran ekspresionisnya yang ikonik. 

Selain itu, pengunjung dapat melihat studio tempat Affandi berkarya dan memahami proses kreatif yang melahirkan karya-karya spektakuler dan menjadikan tempat ini museum di Jogja yang Instagramable.

Baca Juga : 10 Museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

7. Sangkring Art Space

Sangkring Art Space

Sangkring Art Space. Gambar : sangkringart.com

Museum di Jogja yang satu ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Dengan konsep yang modern dan aesthetic, Sangkring Art Space berhasil menarik banyak wisatawan, terutama yang mencari museum di Jogja yang instagramable.

Sangkring Art Space merupakan galeri seni kontemporer. Tempat ini menjadi wadah bagi seniman lokal dan internasional untuk mengekspresikan karya-karya mereka. Dengan mengadakan beragam pameran seni, Sangkring Art Space menghadirkan pengalaman visual yang menarik dan mendalam.

8. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta. Gambar : budaya.blog.unisbank.ac.id

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa mengenal batik, dan Museum Batik Yogyakarta adalah tempat yang tepat. Sebagai salah satu museum terbaik di Jogja yang wajib dikunjungi.

Museum Batik Yogyakarta adalah tempat yang ideal bagi kamu yang ingin mempelajari seni batik, salah satu warisan budaya Indonesia yang terkenal. 

Pengunjung dapat melihat berbagai jenis batik tradisional dan modern, serta mengetahui proses pembuatannya. Museum Yogyakarta ini memberikan wawasan tentang sejarah, teknik, dan perkembangan batik.

9. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. Gambar : Instagram/@hzzavtn

Sebagai salah satu museum edukasi di Jogja, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung.

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala ialah museum kedirgantaraan terbesar di Indonesia. Museum ini menampilkan koleksi pesawat dan perlengkapan penerbangan militer, termasuk pesawat tempur, helikopter, dan rudal. 

Pengunjung dapat melihat sejarah dan perkembangan industri dirgantara Indonesia melalui pameran yang menarik.

10. Museum Mini Sisa Hartaku

Museum Mini Sisa Hartaku

Museum Mini Sisa Hartaku. Gambar : kepuharjosid.slemankab.go.id

Museum Mini Sisa Hartaku adalah museum unik yang menyajikan koleksi benda-benda bekas dengan nilai sejarah dan kehidupan sehari-hari. Melalui benda-benda yang diselamatkan dari erupsi Merapi, museum ini mengajarkan kita tentang kekuatan alam dan pentingnya pengetahuan tentang bencana alam.

Museum Yogyakarta ini pengunjung dapat melihat berbagai benda antik, seperti peralatan rumah tangga, mainan, dan alat-alat transportasi tradisional.

Dari Museum Keraton Yogyakarta yang memperlihatkan kemegahan keraton, hingga Museum Ullen Sentalu yang memukau dengan koleksi seni dan budayanya menjadikannya museum di Jogja terbaik. 

Dengan beragam pilihan museum di Jogja, kamu akan memiliki pengetahuan yang lebih dalam tentang sejarah, seni, dan kekayaan budaya Indonesia.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Jakarta Pusat yang Murah