Motor Listrik Buatan Lokal Berhasil Menjajal Jakarta-Mandalika

Motor Listrik buatan lokal hasil karya Universitas Budi Luhur (UBL) berhasil menjajal jalan Jakarta-Mandalika, 100 persen menggunakan tenaga listrik

Motor Listrik Buatan Lokal Berhasil Menjajal Jakarta-Mandalika
Motor listrik buatan Universitas Budi Luhur : Gambar : UBL

BaperaNews - Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) yang merupakan motor listrik buatan lokal karya Universitas Budi Luhur (UBL) berhasil menjajal jalan Jakarta-Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal tersebut dilakukan guna menguji ketahanan motor untuk dapat menempuh jarak jauh. Dengan begitu, maka motor Sport Electric Vehicle 01 ini menjadi motor listrik pertama buatan anak bangsa yang berhasil melakukan pengujian jarak jauh.

Sujono yang merupakan Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur menyampaikan bahwa keberhasilan pengujian ini menjadi nyata dari konsistensi Universitas Budi Luhur untuk menciptakan sebuah kendaraan listrik yang berguna di masa depan yang ramah lingkungan dan juga hemat.

Dalam keterangan resminya, Sujono menyampaikan bahwa touring yang dilakukan dari Jakarta - Mandalika adalah proses pembelajaran secara praktik bagi dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur, khususnya untuk Fakultas Teknik Elektro.

Sujono menambahkan bahwa pengujian jarak jauh merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk motor listrik BL-SEV01 guna menguji ketahanan baterai dan performa.

Dalam perjalanannya, motor listrik  BL-SEV01 menghadapi berbagai tantangan serta kontur jalan yang beragam, mulai dari jalanan rata, jalan rusak, bahkan jalur pegunungan.

Tim UBL juga telah mengantisipasi setiap kemungkinan yang dapat terjadi dalam tahap pengujian perjalanan jarak jauh tersebut.

Diketahui, Tim manajemen touring motor listrik BL-SEV01 Jakarta - Mandalika membawa 3 set baterai yang masing-masing mampu menempuh 100-140 km sekali perjalanan.

Sujono menyampaikan bahwa guna menghemat waktu dan mempermudah perjalanan, tim touring telah menerapkan sistem mengganti baterai dengan sistem swab.

Dalam satu hari, motor tersebut dapat menempuh perjalanan kurang lebih 300 kilometer, dan perjalanan hanya dilakukan pada siang hari lantaran malam hari waktunya pengisian baterai di penginapan serta waktunya untuk beristirahat. 

Cakti Kasih Hanggoro MBA selaku Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur mengucapkan syukur serta berterima kasih kepada tim yang telah sukses melancarkan uji coba perjalanan dari Jakarta menuju Mandalika.

Cakti berharap dengan berhasilnya touring motor listrik BL-SEV01 Jakarta - Mandalika bisa menjadi inspirasi masyarakat Indonesia khusus dosen dan mahasiswa bahwa kita mampu membuat kendaraan listrik.

Sebagai informasi, motor BL-SEV01 adalah motor yang dengan 100 persen menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya, yang dikembangkan oleh para civitas akademis Universitas Budi Luhur.

Motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere hadir menemani perjalanan BL-SEV01. 

Pihak Universitas Budi Luhur menegaskan bahwa motor BL-SEV01 dapat melaju sejauh 140 kilometer dalam sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.