Messenger Kembali Jadi Fitur Facebook Usai 9 Tahun Pisah

Pelajari tentang penyatuan kembali Messenger dan Facebook setelah 9 tahun berpisah. Apa itu Messenger dan apa fiturnya?

Messenger Kembali Jadi Fitur Facebook Usai 9 Tahun Pisah
Messengger kembali jadi fitur Facebook. Gambar: Unsplash.com/Dok. Alexander Shatov

BaperaNews - Messenger telah berpisah dari Facebook selama 9 tahun. Kini Messenger akan kembali lagi bersatu dengan Facebook. Kepala Facebook Tom Alison menyebut saat ini sedang dibuat aturan tentang penyatuan kembali kedua perusahaan tersebut.

“Kami sedang uji kemampuan untuk pengguna masuk ke kotak Messenger mereka di Facebook dan Anda akan melihat kami meluaskan uji coba ini” tutur Tom Alison.

Tom Alison menyebut penyatuan kembali Messenger dan Facebook ini dilakukan untuk memberi kenyamanan dan kemudahan bagi para pengguna untuk tetap bisa terhubung dan berbagai dengan orang terdekat maupun siapa saja di dunia.

“Baik di Messenger maupun langsung di Facebook” imbuhnya.

Meta Sempat Menghapus Messenger dari Facebook

Meta, perusahaan induk Facebook sebelumnya menghapus Messenger pada tahun 2014 dari Facebook, mereka menyebut hal ini dilakukan untuk fokus pada pengembangan Messenger, agar Messenger bisa lebih berkembang secara mandiri sebagai pengalaman pesan seluler.

Pada saat itu tidak dijelaskan apa Meta berencana membawa Messenger ke peramban seluler Facebook lagi atau tidak di masa depan. Facebook kemudian mendorong para pengguna web seluler untuk beralih ke aplikasi Messenger di tahun 2016.

Memiliki satu aplikasi di ponsel dinilai bukan hal buruk, pengguna bisa kirim pesan pada pengguna lain melalui Facebook atau Instagram dan aplikasi media sosial Meta lainnya. Meta selanjutnya mengumumkan akan fokus ke Facebook di tahun 2023 ini. “Facebook tidak mati, tidak sekarat” bunyi pernyataan resmi Facebook.

Baca Juga: WhatsApp Buat Fitur Baru, Bisa Keluar Grup Pakai Jadwal

Maka dalam upaya Facebook untuk bisa bersaing dengan TikTok, Meta mencoba mengubah Facebook dari yang awalnya sekedar aplikasi pertemanan menjadi aplikasi yang memuat hiburan dan penemuan. Maka Facebook ingin Messenger kembali ialah untuk memudahkan pengguna, agar bisa berbagi tanpa beralih atau berpindah ke aplikasi lain.

TikTok sendiri saat ini tidak memungkinkan pengguna berbagi video dengan teman melalui pesan, berbagi video dilakukan dengan konten. Jadi di satu sisi, Meta berbalik arah dan balik ke cara lama dan di sisi lain Meta dianggap meniru aplikasi pesaingnya.

Apa Itu Messenger? 

Sebagai informasi Messenger ialah aplikasi pesan instan yang dikembangkan Meta, aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, suara, dan video ke pengguna Facebook lainnya, serta mengobrol dengan mereka dalam obrolan grup.

Aplikasi Messenger juga menawarkan fitur tambahan seperti panggilan suara dan video, pembayaran, dan integrasi dengan layanan pihak ketiga seperti Spotify dan Uber.

Messenger saat ini dipakai dengan mengunduh aplikasi yang berbeda, jadi mengunduh Messenger dan Facebook sendiri. Pengguna kemudian login ke Messenger dengan akun Facebooknya. Messenger dan Facebook akan kembali disatukan, sehingga pengguna hanya perlu menginstal satu aplikasi saja.

Baca Juga: Fitur Baru WhatsApp: Bisukan Nomor Tak Dikenal