Mensos Terbitkan Aturan Ngemis Online!

Fenomena ngemis online kian kerap berlangsung di media sosial, sebab itulah Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menerbitkan surat edaran (SE) tentang aturan ngemis online.

Mensos Terbitkan Aturan Ngemis Online!
Mensos terbitkan aturan ngemis online. Gambar : BPMI of Presidential Secretariat/Lukas

BaperaNews - Fenomena ngemis online kian kerap berlangsung di media sosial, khususnya TikTok. Akibat fenomena ngemis online itu, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menerbitkan Surat Edaran (SE) yang diarahkan terhadap Pemerintah Daerah (Pemda) guna menangani kejadian tunawisma online yang gempar di aplikasi TikTok.

Tulisan surat edaran itu bernomor 2 Tahun 2023 mengenai pembenahan tindakan pemakaian serta/maupun tindakan Mengemis yang menggunakan Lanjut umur, Anak, Penyandang Disabilitas, serta/maupun himpunan rentan yang lain.

Dengan diterbitkannya pesan surat edaran itu, Gubernur dan Bupati atau Walikota menghimbau aksi jelas tersebut dan menghindari terdapatnya gerakan mengemis positif yang dilakukan offline ataupun online serupa di penghubung sosial dengan memakai regu lanjut umur, anak-anak, penyandang disabilitas, dan/atau regu rentan yang ada.

Baca Juga : Dokter Kulit Ungkap Bahaya Dari Tren Mandi Air Lumpur di TikTok

Aturan Mensos tentang ngemis online di TikTok ini diketahui akibat perilaku mengemis positif dengan offline ataupun online dianggap mengacaukan ketertiban umum dan bisa ditangkap polisi.

"Tindakan ngemis online di TikTok sudah mengganggu ketertiban umum. Maka butuh menerbitkan pesan surat edaran mengenai tindakan pemakaian dan/atau tindakan Mengemis yang menggunakan Lanjut umur, Anak, Penyandang Disabilitas, dan/atau himpunan Rentan yang lain. Pelaku bisa ditangkap polisi," bunyi keterangan Surat Edaran itu.

Diketahui, beberapa pengguna aplikasi TikTok menggunakan para lanjut usia guna mandi lumpur atau diguyur air apabila para pengamat sandiwara live yang dibuatnya memberikan hadiah (gift). Mereka menjual rasa simpati dan kemiskinan sebagai cara jitu untuk mendapat perhatian orang Indonesia.

Jika generasi muda terus dicekoki dengan pertunjukan serupa ini, tidak menutup kemungkinan mereka bakal menjalankan metode yang selaras demi untuk mendapat pundi-pundi rupiah.

Baca Juga : Ridwan Kamil Buka Suara Soal Video Emak-Emak Joget di Masjid Al Jabbar