Menkes Pastikan Vaksin Kanker Serviks Jadi Vaksin Wajib dan Gratis

Menkes menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia diwajibkan untuk vaksin kanker serviks mulai tahun 2023 nanti dan vaksin tersebut sepenuhnya gratis!

Menkes Pastikan Vaksin Kanker Serviks Jadi Vaksin Wajib dan Gratis
Menkes Pastikan Vaksin Kanker Serviks Jadi Vaksin Wajib dan Gratis. Gambar : Unsplash.com/ Dok. Mufid Majnun

BaperaNews - Masyarakat Indonesia akan diwajibkan untuk vaksin kanker serviks mulai tahun 2023 nanti dan vaksin tersebut sepenuhnya gratis dibiayai Negara. Hal ini disampaikan oleh Menkes Budi Gunadi. “Semua dari program pemerintah tidak perlu bayar, gratis” ujar Budi di kawasan Jaksel hari Selasa 19 April 2022.

Vaksin kanker serviks akan dijadikan sebagai salah satu vaksin wajib di Indonesia, pemberiannya sendiri sudah mulai diberlakukan sejak tahun 2021 lalu, hanya saja belum merata, baru di beberapa daerah saja. Ke depannya vaksin kanker serviks akan diberikan kepada segala usia, terutama mereka yang masih usia dewasa muda.

Budi melanjutkan, vaksin kanker serviks ini berasal dari vaksin HPV (Human Papiloma Virus) dimana ini ialah bentuk pencegahan pemerintah mengingat kanker serviks saat ini jadi salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia dan dunia, juga menjadi penyakit dengan biaya pengobatan yang cukup mahal.

Oleh sebab itu, sebagai bentuk pencegahan dan penekanan akan dilakukan vaksinasi agar bisa menekan jumlah kasus dan mengurangi biaya akibat pengobatan penyakit ini. “Jadi vaksin kan sifatnya mencegah, bukan mengobati, kan nanti akan lebih banyak vaksin, bukan hanya jenis HPV saja, ada beberapa vaksin lainnya” imbuhnya.

Baca Juga : Menko PMK Tekankan Prokes Saat Mudik Biar Tak Bawa Oleh – Oleh Covid

Pemberian vaksin ini akan bermanfaat untuk mencegah kanker serviks, meski kanker serviks ini menyerang wanita, namun pria juga bisa mendapat efek buruk darinya. “Virus HPV ini selain menyebabkan penyakit kanker serviks pada wanita juga bisa menyebabkan penyakit kulit dan kelamin untuk pria” ujar Andrijono.

HPV juga bisa menular dari wanita ke pria dan sebaliknya ketika melakukan hubungan intim, sebab itu untuk mencegah penyakit ini, akan dilakukan vaksin kanker serviks yang wajib dan gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia mulai tahun 2023.

Hal ini tentunya menguntungkan masyarakat dimana biaya vaksin kanker serviks cukup mahal dan belum bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia, dengan adanya program pemerintah ini, diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan kesehatan masyarakat terutama bagi remaja dan dewasa ke atas yang lebih rentan atas penyakit kanker serviks dengan tetap menjalankan gaya hidup sehat dan menghindari segala hal yang bisa memicu kanker. 

Baca Juga : Hari Terakhir PPKM Level 2, KRL Di Jakarta Sudah Penuh Sesak