Menkes Akan Buka Daftar Obat Sirup Yang Aman Dikonsumsi Usai Marak Gagal Ginjal Akut Misterius

Menkes Budi Gunadi akan membuka daftar obat sirup yang aman dikonsumsi anak-anak kepada publik usai adanya gangguan ginjal akut misterius.

Menkes Akan Buka Daftar Obat Sirup Yang Aman Dikonsumsi Usai Marak Gagal Ginjal Akut Misterius
Menkes Budi Gunadi akan buka daftar obat sirup yang aman dikonsumsi. Gambar : m.jpnn.com

BaperaNews - Menkes (Menteri Kesehatan) Budi Gunadi menyampaikan akan membuka menginformasikan daftar obat sirup yang aman dikonsumsi anak-anak kepada publik. Hal ini menanggapi dugaan gangguan ginjal akut misterius yang disebabkan cemaran etilen glikol dan dietilen glikol pada obat paracetamol sirup dan obat flu batuk sirup.

“Kita sudah menyetujui daftar obat yang akan kita buka itu adalah yang tidak ada pelarutnya, karena penyakit ini disebabkan oleh impurities atau cemaran dari pelarut yang namanya polietilen glikol” ujarnya pada Jumat (21/10).

Keputusan ini juga telah disetujui oleh Gabungan Perusahaan (GP) Farmasi Indonesia, ahli farmakologi, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Saat ini, BPOM sedang menyisir puluhan ribu daftar obat sirup di Indonesia.

“BPOM nanti akan melihat dari sekian puluh ribu obat sirup ini mana yang tidak mengandung polietilen glikol, dan itu nanti yang akan dibuka, jadi harapan kita bisa di weekend ini” bebernya.

Adapun hingga Jumat (21/10), kasus gangguan ginjal akut misterius ini telah menyerang 241 anak-anak di 22 Provinsi Indonesia. Jumlah kematian mencapai 55% yakni 133 anak. Kasus gagal ginjal akut misterius ini mencuat sejak Agustus 2022.

Baca Juga : Berikut Daftar 15 Obat Sirup Ditarik BPOM Usai Terkandung Etilen Glikol

Kematian melonjak tinggi dalam waktu singkat. Membuat Kemenkes mengeluarkan aturan darurat, dilarang memberi obat sirup apapun kepada anak-anak hingga hasil penyelidikan keluar. Dokter dan apotek juga dilarang memberi atau meresepkan obat sirup apapun.

Hari Kamis 2010, BPOM menemukan 5 merk obat sirup yang mengandung etilen glikol melebihi atas. Didapat dari 39 bets 26 obat sirup. Etilen glikol adalah bahan tambahan untuk mengencerkan obat. Batasnya ialah 0,5 mg/kg berat badan per hari, sedangkan 5 merk obat tersebut memiliki kandungan lebih dari atas aman.

Gagal Ginjal Akut Misterius Bisa Disembuhkan

Menkes Budi Gunadi juga menyampaikan sakit gagal ginjal akut misterius ini bisa disembuhkan, pemerintah telah mendapatkan obat terbaik yang relevan.

“Begitu kami tahu penyebabnya apa, kami cari obatnya, sudah ketemu, namanya Fomepizole injeksi. Saya sudah kontak temen saya Menkes di Singapura dan Australia, kita ambil 200 dulu, satu vial buat satu orang. Kami yakin obat ini efektif, pemerintah akan mendatangkan lebih banyak lagi, itu bisa diobati” terangnya.

Budi Gunadi berharap dengan adanya obat ini bisa menekan kasus kematian dan menyembuhkan anak-anak yang sakit gagal ginjal akut misterius.

Baca Juga : Ketahui Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak