Mengenal Apa Itu Musisi Indie dan Siapa Saja Musisi Indie Di Indonesia

Berikut penjelasan mengenai apa itu musisi Indie, siapa saja musisi Indie di Indonesia hingga perbedaan musisi Indie dengan musisi label!

Mengenal Apa Itu Musisi Indie dan Siapa Saja Musisi Indie Di Indonesia
Apa itu musisi Indie dan siapa aja musisi Indie di Indonesia. Gambar : unsplash.com/Dok. Gabriel Gurrola

BaperaNews - Memasuki tahun 2023, sejumlah promotor musik sudah mulai memberi jadwal konser yang akan dihadirkan puluhan musisi untuk mengajak pecinta musik bernyanyi bersama.

Ketika melihat daftar musisi yang akan tampil, biasanya banyak nama musisi Indie yang tercantum. Sebagian daripada kamu pasti masih bingung apa itu musisi Indie? apa perbedaan musisi Indie dengan musisi label? Dan siapa saja musisi Indie di Indonesia? 

Oleh karena itu, yuk simak informasi mengenai apa itu musisi Indie, perbedaan musisi Indie dengan musisi label, hingga siapa saja musisi Indie di Indonesia yang telah dirangkum oleh Tim Redaksi BaperaNews. 

Apa Itu Musisi Indie? 

Musisi Indie adalah musisi yang memproduksi secara independen dari label rekaman komersial. Musisi Indie tidak berada di bawah label komersial yang berarti segala sesuatunya dilakukan secara mandiri, termasuk dalam pemilihan lagu hingga promosi lagu.

Istilah Indie kadang-kadang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah genre musik (seperti Indie rock dan Indie pop), dan sebagai istilah genre "Indie" mungkin termasuk atau tidak termasuk musik yang diproduksi secara independen, dan banyak artis musik independen tidak termasuk dalam kategori ini.

Musisi Indie meraih popularitasnya dari nol, biasanya melalui forum online dan digital yang memudahkan seorang musisi untuk menjangkau pendengar, terutama dalam genre musik Indie. 

Di Indonesia sendiri, musik Indie juga sudah mulai berkembang pada 1970-an lewat kehadiran Guruh Gipsy, God Bless, dan Super Kid.

Seiring berjalannya waktu, makin banyak band dan musisi Indie yang bermunculan, seperti Barasuara, Payung Teduh, Pandai Besi, White Shoes & The Couples Company, Fourtwnty, Float, Reality Club, Elephant Kind, Stars and Rabbit yang telah berhasil menjadi warna baru di industri musik Indonesia meskipun mereka rekaman dan promosi sendiri.

Baca Juga : Jadwal, Harga dan Cara Beli Tiket Konser Pasar Musik 2023, Dihadiri 150 Musisi!

Apa Perbedaan Musisi Indie Dengan Musisi Label?

Label musik tak hanya bertugas mengurus proses rekaman seorang musisi atau sebuah grup band saja. Lebih dari itu, label musik juga akan bertanggung jawab dalam mengurus perilisan, promosi, hingga pertunjukan seorang musisi atau sebuah grup band. Tentunya hal ini membuat seorang musisi atau sebuah grup band di bawah naungan label tidak harus pusing memikirkan bagaimana cara bermusik dan dikenal banyak orang.

Siapa Saja Musisi Indie Di Indonesia? 

Pada era modern yang serba mudah, kini lahir banyak musisi Indie yang dikenal banyak orang tanpa perlu dipromosikan oleh label. Siapa saja musisi Indie di Indonesia? Berikut daftar musisi Indie di Indonesia yang telah dirangkum oleh Tim Redaksi Bapera News , meliputi :

  • Danilla

Musisi Indie, Danilla. Gambar : Instagram.com/@danillariyadi

Lagu Indie dari Danilla yang telah membuat popularitasnya naik adalah Senja Diambang Pilu dan Berdistraksi yang rilis pada 19 Agustus 2014 lalu. Selain karena lagunya yang nyaman di telinga, Danilla dikenal sebagai pribadi yang sangat ramah dan mudah bergaul kepada para penggemarnya. 

  • Barasuara

Musisi Indie, Barasuara. Gambar : Instagram.com/@barasuara

Lagu Indie dari Barasuara yang telah membuat popularitasnya naik adalah Mengunci Ingatan yang rilis pada 7 tahun yang lalu. Lagu tersebut kemudian dinyanyikan oleh Kunto Aji dengan aransemen yang baru dan diunggah di channel Youtube Sounds From The Conner. Sejak itulah Barasuara mulai dikenal banyak orang.

  • Efek Rumah Kaca 

Musisi Indie, Efek Rumah Kaca. Gambar : Instagram.com/@sebelahmata_erk

Lagu Indie dari Efek Rumah Kaca yang telah membuat popularitasnya naik adalah Seperti Rahim Ibu yang rilis pada 25 Mei 2018 lalu, lagu ini menjadi soundtrack dari acara televisi terkenal yaitu Mata Najwa.

  • Hindia

Musisi Indie, Hindia. Gambar : Instagram.com/@wordfangs

Lagu dari Hindia yang telah membuat popularitasnya naik adalah Secukupnya yang rilis pada 3 tahun lalu, tepatnya 2019. Lagu ini menjadi soundtrack dari film Nanti Kita Cerita Hari Ini. Sebagai informasi, nama Hindia atau Baskara Putra sudah dikenal di kalangan pecinta musik sebab ia adalah vokalis band Indie, Feast.

  • Sal Priadi

Musisi Indie, Sal Priadi. Gambar : Instagram.com/@__________saldi

Lagu Indie dari Sal Priadi yang telah membuat popularitasnya naik adalah Amin Paling Serius berduet dengan Nadin Amizah. Dengan bakat menulis puisi, Sal Priadi mulai merekam lagu-lagunya di SoundCloud. Bertahun-tahun kemudian, Sal Priadi merilis empat singlenya (“Kultusan”, “Ikat Aku Di Tulang Belikatmu”, “Melebur Semesta”, dan “Jangan Bertengkar Lagi Ya? OK? OK!” )

  • Nadin Amizah

Musisi Indie, Nadin Amizah. Gambar : Instagram.com/@cakecaine

Lagu Indie dari Nadin Amizah yang telah membuat popularitasnya naik adalah Rumpang yang rilis pada 4 tahun lalu. Hingga kini Nadin Amizah sudah bisa menggelar konser tunggal tanpa label komersial.

  • Pamungkas

Musisi Indie, Pamungkas. Gambar : Instagram.com/@pamunqkas

Lagu Indie dari Pamungkas yang telah membuat popularitasnya naik adalah I Love You But I'm Letting Go yang dirilis pada 4 tahun lalu, lagu tersebut memikat perhatian publik dan kerap kali menjadi backsound untuk video kreatif netizen.

  • Tulus

Musisi Indie, Tulus. Gambar : Instagram.com/@tulusm

Lagu Indie dari Tulus yang telah membuat popularitasnya naik adalah Sepatu yang rilis 9 tahun yang lalu, dengan lirik yang puitis namun easy listening, Tulus berhasil memikat hati banyak orang. Kini Tulus sudah memiliki label musik sendiri, Tulus Company.

  • Rara Sekar

Musisi Indie, Rara Sekar. Gambar : Instagram.com/@rarasekar

Lagu Indie dari Rara Sekar yang telah membuat popularitasnya naik adalah Luruh dan Growing up yang sama sama dirilis 4 tahun yang lalu, kedua lagu ini pun menjadi soundtrack film Dua Garis Biru dan Milly dan Mamet. Sebagai informasi, Rara Sekar adalah kakak kandung dari Isyana Sarasvati dan juga mantan vokalis di Banda Neira.

  • Amigdala

Musisi Indie, Amigdala. Gambar : Instagram.com/@musikamigdala

Lagu Indie dari Amigdala yang telah membuat popularitasnya naik adalah Ku Kira Rumah yang rilis pada 5 tahun yang lalu, lagu ini sempat menjadi inspirasi judul film yang digarap oleh Umay Shahab dan Prilly Latuconsina pada tahun 2022 lalu.

  • Adhitia Sofyan

Musisi Indie, Adhitia Sofyan. Gambar : Instagram.com/@adhitiasofyan

Lagu Indie dari Adhitia Sofyan yang telah membuat popularitasnya naik adalah Forget Jakarta yang rilis pada 4 tahun lalu, kemudian ia semakin dikenal melalui lagu Sesuatu di Jogja.

  • Polka Wars

Musisi Indie, Polka Wars. Gambar : Instagram.com/@polkawars

Lagu Indie dari Polka Wars yang telah membuat popularitasnya naik adalah Rangkum yang rilis pada 5 tahun lalu. Polka Wars merupakan band Indie yang berisikan empat personel.

Sebagai informasi, rekaman lagu Rangkum, Seek dan Obese Elves dilakukan di New York sebagai hadiah dari menjuarai kompetisi Converse Rubber Tracks di Amerika Serikat.

  • Float

Musisi Indie, Float. Gambar : Instagram.com/@float_project

Lagu Indie dari Float yang telah membuat popularitasnya naik adalah Pulang yang rilis 13 tahun lalu dan langsung menarik perhatian publik saat menjadi soundtrack film 3 Hari Untuk Selamanya yang dibintangi Nicholas Saputra dan Adinia Wirasti kala itu.

itulah beberapa musisi Indie di Indonesia yang terkenal dengan lagu-lagu terbaiknya, bagi kamu yang belum pernah coba mendengar salah satu lagu mereka, siap-siap ya bakal masuk ke dalam playlist favorit kamu!

Baca Juga : Cara Beli Tiket EverBlast Fest 2023, Ada Hoobastank Hingga Simple Plan