Menahan Kentut Ternyata Bisa Keluar Dari Mulut Loh!

Siapa nih yang sering menahan kentut kalau lagi kumpul bareng teman-teman? Jangan ditahan ya, karena kentut bisa keluar lewat mulut kalo ditahan.

Menahan Kentut Ternyata Bisa Keluar Dari Mulut Loh!
Menahan kentut ternyata bisa menyebabkan kentut keluar lewat mulut. Gambar : freepik.com

BaperaNews - Ketika sedang berkumpul dengan teman-teman, sedang berada di acara penting, atau di lingkungan tertentu dan tiba-tiba merasa ingin kentut, situasi serasa tidak memungkinkan untuk melakukannya. Menahan kentut jadi pilihan yang pada akhirnya membuat perut semakin tidak nyaman.

Menahan kentut mungkin sering dilakukan di berbagai situasi yang memang tidak memungkinkan karena dianggap lebih sopan, namun ternyata hal ini bisa berdampak pada sistem pencernaan tubuh.

Kentut sebenarnya ialah bagian yang normal di sistem pencernaan semua orang, gas ini terbentuk ketika ada bakteri usus mencerna makanan, kemudian masuk ke rektum untuk dikeluarkan lewat anus.

Ketika kentut ditahan, maka perut akan bergejolak dan menyebabkan kembung, yang akhirnya muncul suara aneh dari dalam perut.

Sebuah penelitian dari Gastroenterologi di Cedars Sinai Medical Center, Los Angeles, Amerika Serikat. Ketika kentut ditahan, kentut ini mungkin bisa keluar lewat mulut setelah melewati paru-paru. Karena gas ini sangat butuh untuk dikeluarkan, ia akan berputar-putar di tubuh hingga akhirnya keluar lewat mulut, hal lain yang bisa terjadi ialah munculnya kentut tanpa disengaja.

Berikut Resiko Lain yang Bisa Muncul, Jika Sering Menahan Kentut :

  1. Radang usus yakni adanya peradangan di kantong usus, membuat usus kecil tidak bisa mencerna atau memecah makanan di sepanjang saluran pencernaan.
  2. Bakteri usus menghasilkan asam lemak yang diserap dinding usus dan dihembuskan ke paru-paru yang berbahaya untuk tubuh.
  3. Peradangan di lapisan dinding dalam perut yang bisa beresiko bakteri atau jamur.
  4. Keracunan gas dimana kentut bisa masuk ke pembuluh darah dan menyebar ke seluruh tubuh.
  5. Wasir akibat otot anus menegang ketika menahan kentut.

Sebab itu, sebaiknya jangan menahan kentut, lebih baik pamit ke ruang lain atau ke kamar mandi untuk buang angin. Selain itu, memperhatikan makanan juga penting, menghindari makanan yang membuat produksi gas lebih banyak seperti kubis dan brokoli bisa dilakukan sebelum berada di kondisi tertentu yang mungkin akan sulit untuk kentut.

Kentut ialah hal manusiawi, memang berhubungan dengan sopan santun, namun bukan berarti harus dihindari. Pilih cara lebih baik jika berada dalam kerumunan orang banyak atau kondisi lainnya, usahakan agar proses alami ini tetap bisa dilakukan tanpa harus mengganggu orang lain di sekitar.

Tapi coba deh, diantara kalian pernah ga menahan kentut lalu kentut keluar lewat mulut. Kalo pernah coba komen ya di bawah! 

Baca Juga : Apakah Berbahaya Telan Permen Karet Secara Tak Sengaja?