Manfaat Rebusan Serai Bagus untuk Tubuh dan Cara Membuatnya

Berbagai macam bahan alami yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya rebusan serai. Berikut manfaat-manfaat serai dan cara membuatnya.

Manfaat Rebusan Serai Bagus untuk Tubuh dan Cara Membuatnya
Manfaat rebusan serai bagus untuk tubuh dan cara merawatnya. Gambar : Tribun-Medan.com

BaperaNews - Menggunakan bahan – bahan alami untuk menjaga kesehatan kalian sehari – hari bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Bahan – bahan alami tentu lebih aman dikonsumsi dan tak menimbulkan efek samping baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Kali ini, kalian bisa nih memanfaatkan serai yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar rumah. Serai yang direbus, menawarkan banyak manfaat lho buat menjaga kesehatan kalian! Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari rebusan serai?

1.Membantu Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Dari penelitian yang telah dilakukan, rebusan serai ternyata sangat ampuh dalam membantu menekan pertumbuhan bakteri jahat. Salah satunya adalah bakteri yang ada di dalam mulut sehingga bisa digunakan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut.

Kalian bisa menggunakan rebusan serai dengan cara berkumur – kumur. Kemudian sisa serai yang direbus, bisa kalian gigit – gigit untuk memaksimalkan perlawanan bakteri dalam mulut.

2.Serai Bisa Membantu Meredakan Kecemasan Berlebih

Untuk membuat rileks, banyak orang seringkali mengkonsumsi teh selagi hangat. Serai bisa juga lho membantu merilekskan pikiran kalian dari kecemasan. Studi membuktikan bahwa serai bisa mengatasi rasa cemas yang berlebihan.

Kalian bisa menghirup rebusan serai atau pun minyak esensial dari serai untuk membantu menghilangkan rasa cemas terhadap suatu hal. Sehingga kalian bisa melewati aktivitas harian dengan tenang dan penuh semangat.

3.Rebusan Serai Bisa Digunakan untuk Mengatasi Kembung

Masalah kembung memang membuat banyak orang merasa terganggu dan bahkan tak nyaman. Mengkonsumsi rebusan serai, ternyata mampu meringankan rasa tidak nyaman karena kembung. Cara kerjanya adalah dengan mengkonsumsi rebusan serai, tubuh terangsang untuk lebih menghasilkan banyak aktivitas berkemih.

Melalui aktivitas berkemih tersebut, bisa membuang cairan – cairan menumpuk yang menjadi penyebab kembung. Selain itu, gejala pra menstruasi juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi rebusan serai.

4.Mencegah Infeksi

Beberapa jenis infeksi yang diakibatkan karena adanya penurunan sistem kekebalan tubuh bisa diatasi dengan mengkonsumsi rebusan serai. Salah satunya adalah pada penderita HIV, bisa digunakan untuk meringankan gejala sariawan yang terjadi terus menerus.

5.Membantu Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi ekstrak serai juga mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Seberapa banyak kadar kolesterol yang diturunkan, tentu saja harus disesuaikan dengan seberapa banyak konsumsi ekstrak serainya.

6.Meningkatkan Sel Darah Merah

Manfaat serai bisa kalian dapatkan setidaknya dengan mengkonsumsinya selama 30 hari untuk meningkatkan kadar sel darah merah. Orang dengan kondisi kekurangan sel darah merah akan mudah lelah dan capek.

7.Mengatasi Diare

Untuk mengurangi frekuensi buang air besar saat terjadi diare, kalian bisa menggunakannya dengan mengkonsumsi rebusan serai. Infeksi yang terjadi di dalam saluran pencernaan bisa diatasi.