Manfaat Daun Pandan untuk Ibu Hamil, Atasi Mual hingga Tingkatkan Nafsu Makan

Daun pandan memiliki aroma khas yang banyak disukai dan dimanfaatkan untuk penambah aroma pada makanan. Selain itu, daun pandan juga bisa digunakan untuk ibu hamil mengatasi berbagai macam keluhan, Yuk simak informasinya

Manfaat Daun Pandan untuk Ibu Hamil, Atasi Mual hingga Tingkatkan Nafsu Makan
Ilustrasi daun pandan. Gambar : Freepik/ Doc. jcomp

BaperaNews - Daun pandan mempunyai aroma khas yang banyak disukai dan dimanfaatkan untuk penambah aroma pada masakan. Selain itu, daun pandan juga banyak dimanfaatkan sebagai pewarna hijau alami. Manfaat lain dari pandan juga banyak digunakan untuk ibu hamil lho.

Dilansir dari situs resmi Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) di Kementerian Pertanian RI, penggunaan daun pandan tak hanya sebagai salah satu bumbu masakan saja, tapi juga digunakan untuk menunjang kesehatan.

Mudahnya perawatan tanaman panda baik di dataran tinggi maupun dataran rendah, tidak heran jika mudah ditemukan di rumah – rumah masyarakat. Banyak orang menanam pandan di lingkungan rumah agar saat membutuhkannya tak perlu membelinya, tinggal potong saja dari halaman rumah. Semakin dipotong, pandan akan semakin rimbun.

Pada ibu hamil, daun pandan juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam keluhan saat hamil. Apa saja itu?

Mengatasi Rasa Mual dan Muntah

Munculnya rasa mual dan muntah pada ibu hamil merupakan hal wajar yang biasa terjadi karena adanya perubahan hormon pada masa kehamilan. Kalian bisa memanfaatkan daun pandan untuk mengurangi keluhan mual dan muntah saat sedang hamil. Di pedesaan, minum air daun pandan dipercaya bisa mengurangi mual dan muntah. Fakta ini pun juga diperkuat dari hasil penelitian salah satu Universitas di Bukittinggi.

Baca juga : 4 Khasiat Pisang yang Terbukti Secara Ilmiah

Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Kadar gula dalam darah pada ibu hamil, sangat penting untuk diperhatikan demi keselamatan ibu dan calon bayi. Untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah, kalian bisa memanfaatkan daun pandan dengan mengkonsumsi air rebusannya.

Digunakan Sebagai Anti Kanker

Ibu yang sedang hamil, tentu akan sangat beresiko jika sedang menderita kanker. Berbagai macam pengobatan dan treatment yang dilakukan saat kanker, berdampak buruk bagi si calon bayi. Untuk itu, kalian bisa mengkonsumsi air rebusan pandan untuk mencegah penyakit kanker. Kandungan antioksidan dan beta ionone merupakan zat yang efektif digunakan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca juga : Jenis Makanan Ini Berbahaya Saat Dimakan Mentah, Apa Sajakah Itu?

Mengatasi Rasa Cemas dan Stres

Rasa cemas dan stres seringkali dialami oleh ibu hamil, terlebih lagi saat mendekati masa kelahiran. Bagi ibu – ibu muda yang baru pertama kali hamil, sangat rentan terhadap kecemasan dan stres. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi rebusan pandan. Kandungan tanin di dalam daun pandan bisa digunakan sebagai penenang.