Manajemen Tunjungan Plaza Klaim Sistem Pemadam Bekerja Saat Kebakaran

Manajemen Mall Tunjungan Plaza (TP) Surabaya memastikan sistem pemadam kebakaran seperti fire sprinkler dan fire alarm bekerja dengan baik ketika gedung mall kebakaran!

Manajemen Tunjungan Plaza Klaim Sistem Pemadam Bekerja Saat Kebakaran
Manajemen Tunjungan Plaza Klaim Sistem Pemadam Bekerja Saat Kebakaran. Gambar: kompas.com/ IndonesiaPix

BaperaNews - Manajemen Mall Tunjungan Plaza (TP) Surabaya memastikan sistem pemadam kebakaran seperti fire sprinkler dan fire alarm bekerja dengan baik ketika gedung mall kebakaran pada hari Rabu lalu 13 April 2022, sebab itulah menurut Direktur Marketing Pakuwon, Sutandi, kerusakan akibat kebakarannya tidak terlalu parah.

“Semua fire fighting sistem bisa bekerja dengan baik dari alarm kebakarannya hingga air pemadam api di dalam Tunjungan Plaza bekerja dengan baik sehingga kerusakannya minimal” ujarnya hari Kamis 14 April 2022. Sutandi melanjutkan, Tunjungan Plaza punya ruang khusus monitoring room yang tergabung dengan sistem pemadaman kebakaran yang akan menginformasikan kepada petugas agar bisa cepat melakukan evakuasi.

“Monitoring room ini bisa kasih info ke petugas di lapangan, jadi bisa kasih bantuan ke lokasi” lanjutnya.

Sutandi juga menyebut Tunjungan Plaza secara rutin memberi pelatihan untuk semua petugas dan karyawan dalam rangka antisipasi kebakaran.

“Yang kami lakukan itu biasanya pelatihan bukan hanya tim penanganan dan keamanan saja tapi juga seluruh karyawan itu kami lakukan seminggu sekali” pungkasnya. Sutandi juga bersyukur kebakaran di mall terbesar di Surabaya tersebut bisa ditangani dengan baik dan tidak ada korban jiwa.

Baca Juga: Puluhan Buaya Lepas Dari Penangkaran Saat Banjir Banyuasin Sumsel

Kadin Kebakaran Surabaya, Dedik Irianto juga menyampaikan hal sama, bahwa sistem kebakaran TP lantai 5 berfungsi dengan baik, namun  karena api memang semakin membesar, membuat fire sprinkler sulit memadamkan api.

“Berjalan, sprinkler itu  terbatas kapasitasnya, sebagaimana P3K, sambil nunggu petugas datang, ada juga smoke detectornya, dan ketentuannya dalam jarak tiga meter harus ada sprinkler” ujarnya hari Kamis 13 April 2022.

Sementara itu, Rizal, salah seorang pengunjung mal yang juga jadi saksi ketika terjadi kebakaran, mengaku mendengar ada alarm kebakaran berbunyi namun tidak melihat ada air keluar otomatis dari fire sprinkler gedung, ketika kebakaran terjadi, Rizal berada di sebuah toko ritel di lantai 2 Tunjungan Plaza.

“Bunyi memang, tapi tak ada air yang keluar, kalau bunyi alarmnya kencang” ujarnya hari Rabu 13 April 2022.

Adapun saat ini tim Lab Forensik Polda Jatim sedang melakukan pemeriksaan untuk mengetahui sebab pasti dari kebakaran mal TP tersebut, juga untuk menentukan titik awal adanya kebakaran dan mencari barang bukti pendukung penyebab terjadinya kebakaran.

Baca Juga: Banyak Bus Tak Layak Jalan Angkut Pemudik Usai Lama Tak Beroperasi