Mahasiswa Mercu Buana Ajarkan Keahlian Podcasting Kepada Siswa SMK Budi Mulia Ciledug

Dalam rangka Kuliah Peduli Negeri, 3 Mahasiswa Mercu Buana menggelar acara workshop "How To Be Podcaster" di SMK Budi Mulia Ciledug. Dalam workshop ini, siswa diajarkan tentang penulisan naskah, menjadi host, sekaligus keterampilan videografi dan editing

Mahasiswa Mercu Buana Ajarkan Keahlian Podcasting Kepada Siswa SMK Budi Mulia Ciledug
3 Mahasiswa Mercu Buana berbagi ilmu pengetahuan mereka lewat Kuliah Peduli Negeri. Gambar: Redaksi Bapera News

BaperaNews - Dalam langkah awal menuju dunia komunikasi yang semakin digital, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana memulai perjalanan mereka melalui Mata Kuliah "Kuliah Peduli Negeri". Inilah sebuah platform pendidikan yang bukan sekedar wajib, namun juga menjadi wahana bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusi nyata dalam bentuk workshop, dengan tema "How To Be Podcaster".

Tepat Pada Rabu, 10 Mei 2023, Acara bertema “How To Be Podcaster” berlangsung di SMK Budi Mulia Ciledug, Tangerang. Acara ini sukses digelar oleh 3 Mahasiswa Mercu Buana yakni Siti Muspiroh, Puspa Alicia Salsabila, dan Resti Surtika alias Aci Resti

Mereka membawa misi penting, menjelaskan bagaimana caranya menjadi Podcaster yang handal kepada 30 siswa dan siswi dari sekolah tersebut. Aci Resti yang selama ini dikenal sebagai Komika, Pemeran Film dan Penulis Buku menceritakan bagaimana pengalamannya dan ikut memberikan materi mengenai Podcast. Apalagi, belakangan Aci mulai merambah masuk ke dunia Podcast di kanal Youtube HAHAHA TV dengan podcast berjudul Temenan Sama Nasib.

Baca Juga: Buku Temenan Sama Nasib Ceritakan Bagaimana Aci Resti Berdamai Dengan Nasib Buruk

Potret kegiatan Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana. Gambar: istimewa

Dalam kesempatan itu, hadir pula beberapa tokoh penting dari Universitas Mercu Buana. Ibu Devi Suhailah,S.Kom. I (Kajur PSPT) dan Bapak Miftha Fadfar Faqih, A. Md (Kepala Studio TV & Radio), Serta Dosen Pembimbing Mata Kuliah, Kuliah Peduli Negeri Bapak Ridho Azlam Ambo Asse, M.Ikom. Keberadaan mereka menambah pentingnya acara ini

Acara ini membahas tiga elemen kunci dalam proses menjadi podcaster: penulisan naskah, menjadi host, serta videografi dan editing. Ketiga elemen ini sangat penting, terutama di era dimana podcast berkembang pesat sebagai media baru yang menghibur dan mengedukasi.

Selain sebagai sumber informasi dan berita terkini, podcast juga dikenal sebagai media hiburan. Penyajiannya yang diselingi dengan humor dan komedi membuat pendengarnya merasa terhibur dan tidak bosan. Oleh karena itu, menguasai cara membuat konten podcast yang baik dan menarik menjadi suatu kebutuhan.

Acara ini merupakan bagian dari usaha Universitas Mercu Buana untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi tantangan di era digital. Diharapkan, melalui acara ini, siswa dan siswi SMK Budi Mulia Ciledug dapat meningkatkan pengetahuan mereka, terutama dalam memahami pentingnya membuat konten podcast yang baik dan menarik. Ini merupakan langkah awal dalam perjalanan mereka menjadi podcaster masa depan yang bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Sosok Komika Jebolan SUCA 2 Aci Resti