Mahasiswa di Universitas Kyoto Cosplay Saat Wisuda

Salah satu Universitas di Jepang yakni Universitas Kyoto menyajikan hal yang unik saat wisuda, pihak kampus mengizinkan mahasiswa cosplay saat wisuda.

Mahasiswa di Universitas Kyoto Cosplay Saat Wisuda
Kolase Foto Mahasiswa di Universitas Kyoto cosplay saat wisuda. Gambar : Facebook/Dwarf Mamba

BaperaNews - Jika acara wisuda identik dengan setelan jubah plus toga sesuai warna kampus, namun itu tidak terjadi di salah satu Universitas di Jepang. Berbeda dari kampus lain, mahasiswa di Universitas Kyoto cosplay saat wisuda, pihak kampus memberi kebebasan berekspresi untuk mahasiswa di hari kelulusan.

Hal ini diketahui dari unggahan Facebook Dwarf Mamba, Sabtu (21/1) yang menampilkan foto-foto dari acara wisuda Universitas Kyoto yang di mana banyak banget mahasiswanya tampil sembari cosplay. Momen ini menarik sekaligus menakjubkan melihat kampusnya justru membiarkan mahasiswanya mengekspresikan kreativitas dan individualitas sesuka mereka.

Adapun alasan Universitas Kyoto mengizinkan mahasiswa memakai 'Cosplay' saat wisuda adalah untuk memberikan perasaan bebas setelah kerja keras dan berjam-jam dihabiskan untuk belajar, kelulusan Universitas adalah sesuatu yang sangat berharga untuk dirayakan.

Menurut para mahasiswa di jurusan seni Universitas Kyoto, kebijakan kampus tersebut merupakan ‘tantangan’ yang mengasyikkan. Mahasiswa di Universitas Kyoto cosplay saat wisuda ini unik sekali karena terlihat para mahasiswa ada yang menjadi tokoh kartun, membawa biola hingga jadi binatang.

Baca Juga : Serial Live Action One Piece Pastikan Tayang di Netflix 2023!

Walau begitu, kebanyakan mahasiswa tetap memakai pakaian tradisional, Kawula Muda! Hanya 10 persen mahasiswa yang berpakaian nyentrik dan unik pada saat wisuda Universitas Kyoto tersebut. 

"Jadi sepertinya ada banyak orang melakukannya, tapi sebenarnya, menurut saya, mungkin hanya orang-orang yang berada di depan, lalu sebagian besar lulusan kurang lebih memakai pakaian tradisional," imbuh David.

Universitas Kyoto dikenal sebagai salah satu Universitas terbaik di dunia, dan mahasiswa diharapkan untuk mengikuti jadwal ketat yang penuh dengan perkuliahan dan dikemas dengan kerja keras.

Karena Universitas Kyoto ini memiliki reputasi yang kuat, mudah untuk berasumsi bahwa upacara kelulusan mereka akan sangat formal, namun para siswa ini diizinkan untuk menghabiskan acara spesial ini dengan berpakaian seperti karakter anime favorit mereka, figur ikonik, dan bahkan makanan.

Universitas Kyoto, bekerja sama dengan Universitas Seni Kota Kyoto, secara resmi mengizinkan mahasiswanya untuk mengenakan pakaian apa pun yang mereka inginkan untuk kelulusan mereka.

Sama seperti Universitas Kyoto, Universitas Seni Kanazawa tersebut juga tidak membatasi dress code pada acara wisuda.

Baca Juga : Studio Ghibli Siap Rilis Film Baru Juli 2023