LTC Glodok Kebakaran, Diduga Korsleting Listrik Hingga Rugi Rp 500 Juta

Gedung ITC Glodok kebakaran pada Minggu (25/9), api muncul dari lantai 5 gedung pusat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 500 juta

LTC Glodok Kebakaran, Diduga Korsleting Listrik Hingga Rugi Rp 500 Juta
Situasi Kebakaran Di LTC Glodok. Gambar : Dok.Dimas Choirul/MPI

BaperaNews - Kebakaran terjadi di LTC Glodok Jakarta Barat Minggu (25/9), api muncul dari lantai 5 gedung pusat perbelanjaan tersebut.

Pada jam 10.23 WIB, terlihat salah satu ruangan dalam kondisi bekas terbakar, jendelanya gosong, namun tidak terlihat anggota kepolisian maupun petugas pemadam kebakaran.

Kasie Ops Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Syarifuddin mengatakan kebakaran ini terjadi karena korsleting listrik di dalam gedung. “Diduga karena korsleting listrik” ujarnya.

Ruangan yang terbakar ialah panel listrik di gedung lantai 5, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 500 juta. “Kerugian ditaksir Rp 500 juta” imbuhnya.

BPBD DKI Jakarta juga menginformasikan, kebakaran terjadi pada pukul 07.58 WIB, “Pukul 07.58 WIB Kebakaran Gedung ITC Glodok” tulisnya melalui Twitter.

BPBD juga menjelaskan 11 unit Damkar dengan 55 personil sebelumnya telah diterjunkan untuk memadamkan api, ada juga petugas dari PLN, PMI, Satpol PP, AGD, Dishub, Polsek, dan Koramil ikut meninjau lokasi.

Baca Juga : Asik Camping, Sepasang Remaja Tersambar Petir Di Bukit Waruwangi Serang. Satu Orang Tewas

Kebakaran menghancurkan sebuah panel listrik. Pada pukul 08.45 WIB, api telah padam dan petugas kemudian melakukan pendinginan. Insiden kebakaran sempat direkam oleh warga, nampak ada asap hitam pekat keluar dari jendela samping gedung.

“Objek yang terbakar Gedung LTC Glodok, jenis bangunan menengah” tulis keterangan di video.

Kebakaran awalnya diketahui oleh salah seorang warga yang kemudian melapor ke Pos Damkar, pihak kepolisian setempat belum memberikan keterangan, penyebab kebakaran LTC Glodok masih diselidiki untuk mengetahui jika mungkin ada penyebab lain selain korslet listrik.

Pihak manajemen dari LTC Glodok juga belum memberikan keterangan terkait insiden ini. LTC Glodok berlokasi di Jl. Hayam Wuruk Nomor 127, Mangga Besar, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Kebakaran tidak terlalu berdampak pada pengguna jalan. Lalu lintas di sekitar lokasi ramai lancar.

Sebagai informasi LTC (Lindeteves Trade Center) Glodok ialah pusat perbelanjaan alat-alat elektronik, sparepart, dan lainnya. Ada juga kuliner dan kebutuhan pokok. LTC Glodok baru-baru ini mengadakan kegiatan publik seperti donor darah, aneka kuliner, pengobatan gratis, layanan SIM STNK keliling, dan sentra vaksin.

Belum diketahui kebakaran yang terjadi mempengaruhi sistem operasional dan jam buka pengunjung. Pihak kepolisian dan manajemen masih menginvestigasi dan memastikan api sudah padam total.

Baca Juga : Kronologi Nenek 71 Tahun Naik Mobil Xpander Tabrak Angkot Di Sukabumi