Lolos ke Piala Dunia Putri 2023, Timnas Filipina Torehkan Sejarah

Timnas Filipina torehkan sejarah baru, mereka berhasil lolos ke Semifinal Piala Asia Putri 2022 dan merebut tiket putaran final di Piala Dunia Putri 2023.

Lolos ke Piala Dunia Putri 2023, Timnas Filipina Torehkan Sejarah
Timnas Filipina Lolos ke Piala Dunia Putri 2023. Gambar : twitter/@afcasiancup

BaperaNews - Timnas Filipina cabang sepak bola putri membuat sejarah baru, mereka berhasil lolos ke Semifinal Piala Asia Putri 2022 dan merebut tiket putaran final di Piala Dunia Putri 2023. Pelatih mereka, Alen Stajcic mengungkap keberhasilan itu adalah “pencapaian sekali dalam seumur hidup” yang tentunya akan jadi inspirasi oleh generasi selanjutnya di negara Filipina.

Filipina berhasil lolos dengan menaklukkan Taiwan di adu penalti dengan skor 4 – 3 di perempat final Piala Asia Putri 2022 yang diadakan di Pune, India hari Minggu 30 Januari 2022. Kemenangan spektakuler tersebut tidak hanya mengantar timnas Filipina ke semifinal untuk bertanding melawan Korea Selatan, namun juga sebuah kepastian mereka memiliki satu tiket untuk tampil di Piala Dunia Putri 2023 nanti yang akan dilaksanakan di Selandia Baru dan Australia.

Hal ini menjadi suatu pencapaian yang bersejarah untuk mereka mengingat mereka untuk kali pertama berhasil tampil di final Piala Dunia Putri 2023 baik dari kategori putri ini maupun putra. Stajcic yang baru diberi kepercayaan menjadi pelatih mereka sejak November 2021 lalu percaya bahwa prestasi yang diraih anak didiknya adalah dampak positif untuk para pesepak bola muda di negara tersebut.

“Sungguh ini adalah pencapaian luar biasa bagi tim nasional ini, adalah sebuah momen bersejarah bagi negara tercinta mereka dan tidak seorangpun bisa merampasnya dari para pemain ini, ini benar-benar sebuah standar baru yang sudah ditetapkan” ungkapnya seperti dikutip dari Reuters Senin 31 Januari 2022.

Baca Juga : Top 3 Sports, Respon Shin Tae Yong Soal Kejanggalan Timnas Indonesia, Malaysia Diklaim Hancur

“Kini semua anak muda baik itu laki-laki atau perempuan di Filipina tau bahwa mereka punya inspirasi untuk meraih Piala Dunia mereka sendiri, saya tau diantara anggota tim merasa bangga satu sama lain tapi saya yakin mereka kini jauh lebih bangga bisa memberi inspirasi untuk generasi yang akan datang” ujarnya menambahkan.

Di Filipina sendiri, sepak bola punya popularitas yang kalah dibanding dengan bola basket yang banyak menjadi olahraga kegemaran masyarakat, Filipina juga bergabung dengan grup yang sulit dimana mereka sebelumnya bertanding melawan Australia dan Thailand yang sudah pernah masuk ke putaran fina Piala Dunia Putri tahun 2019 lalu.

Dan Timnas Filipina berhasil tampil hebat jauh lebih tinggi dari apa yang diperkirakan orang kebanyakan.