Lintasan Kotor dan Basah, Tes Pramusim MotoGP Mandalika 2022 Dihentikan Sementara

Tes Pramusim MotoGP Mandalika terpaksa harus dihentikan sementara karena kondisi trek Sirkuit Mandalika yang kotor pada sesi pagi hari, Jumat (11/2/22).

Lintasan Kotor dan Basah, Tes Pramusim MotoGP Mandalika 2022 Dihentikan Sementara
Tes Pramusim MotoGP 2022 hari pertama di Sirkuit Mandalika, Jumat (11/2/2022) dihentikan sementara. Gambar: MNC Portal Indonesia

BaperaNews - Tes Pramusim MotoGP Mandalika dihentikan sementara usai melihat kondisi trek Sirkuit Mandalika yang kotor pada sesi pagi hari, Jumat (11/2). Selain kotor, Sirkuit Mandalika juga teralu basah karena hujan semalaman.

Pihak dari MotoGP melalui akun media sosialnya menyampaikan bahwa kondisi trek Sirkuit Mandalika cukup kotor dan mengganggu jalannya Tes Pramusim MotoGP Mandalika. Kotornya trek tersebut dikarenakan hujan yang turun sepanjang malam di wilayah sekitar sirkuit.

“Red flag. Sesi tes telah dihentikan (sementara) karena sirkuit sedang dibersihkan. Hujan sepanjang malam membuat sirkuit cukup kotor!,” ujar pihak MotoGP dalam keterangan tertulisnya.

Sesi pagi Tes Pramusim MotoGP pun sudah berjalan lebih dari satu jam. Saat red flag dikeluarkan oleh pihak MotoGP di hari pertama tes MotoGP Mandalika sehingga menyisakan waktu 6 jam 36 menit 13 detik.

Alex Rins Pembalap Suzuki ini menjadi pembalap pertama yang turun ke Sirkuit Mandalika saat Tes Pramusim MotoGP Mandalika dimulai. Rins juga mencetak sejarah sebagai pembalap pertama MotoGP yang mengaspal di Indonesia sejak tahun 1997.

Baca Juga: Intip Keseruan Tes Pramusim MotoGP Mandalika, Berasa Liburan!

Dilansir dari MNC Portal Indonesia di lokasi, hujan deras memang mengguyur area sirkuit semalaman. Hal itu juga memberikan bekas genangan di sejumlah titik di area luar sirkuit. Para pembalap yang berlaga pun harus menyesuaikan diri karena lintasan yang basah. Setelah satu jam melakukan tes, para pembalap melakuka tes dengan kecepatan terbaiknya.

Dari tes yang sudah dijalani selama satu jam tersebut, tercatat pembalap tim Pramac Racing, Jorhann Zarco dapat menghasilkan waktu tercepat yakni 1 menit 44,830 detik dan langsung memuncaki timesheet.

Tim Pramac Racing yang menduduki posisi puncak, dan diikuti dengan Miller di urutan kedua dan dilanjutkan Brad Binder yang menduduki di posisi ketiga.

Hingga satu jam pertama, seluruh pembalap pun telah mencatatkan waktu lap. Dan hanya empat pembalap yang belum menorehkan catatan waktu, yakni Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Luca Marini, dan Darryn Binder

Tes pramusim MotoGP 2022 ini awalnya dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 09.00 WITA hingga 17.00 WITA. Setelah itu akan digelar latihan start selama 15 menit. Diketahui Tes Pramusim MotoGP di Mandalika akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Setelah dinyatakan berhenti, kondisi pit line dan area paddock sangat sepi dan lengang. Paddock para pembalap pun kembali tertutup dengan rapat.