Lakukan Sidak di Polsek Makassar, 1 Anggota Polisi Positif Narkoba

Seorang anggota polisi diduga mengkonsumsi narkoba setelah Propam Polda Sulsel lakukan sidak dan pemeriksaan urin. Baca berita lengkapnya!

Lakukan Sidak di Polsek Makassar, 1 Anggota Polisi Positif Narkoba
Lakukan Sidak di Polsek Makassar, 1 Anggota Polisi Positif Narkoba. Gambar: Pixabay.com

BaperaNews - Satu orang anggota polisi dari Kepolisian Polda Sulawesi Selatan diduga mengkonsumsi narkoba, dugaan muncul setelah keluar hasil pemeriksaan urin yang dilakukan Propam Polda Sulsel terhadap personel tersebut positif. Pemeriksaan dilakukan saat ada Inspeksi mendadak ke sejumlah Polsek jajaran di Polrestabes Makassar.

Kabid Propam Polda Sulsel, Kombes Pol Agoeng Adi mengungkap pihaknya melakukan sidak pada Rabu 9 Februari 2022 dini hari. Dari hasil sidak diketahui seorang anggota berinisial IA dengan pangkat Brigadir Kepala diduga mengkonsumsi narkoba jenis sabu sebab hasil tes urinnya menunjukkan positif Methamphetamine.

“Yang bersangkutan saat ini sudah diamankan di ruang pengaman Subbid Provos Bid Propam Polda Sulsel untuk dilakukan pendalaman dan pemeriksaan tentang hasil tes urin tersebut” ujarnya Rabu 9 Februari 2022.

Selain pelanggaran narkoba yang dilakukan oleh polisi, pihaknya juga menemukan pelanggaran lain berupa kesiapsiagaan piket yang masih kurang karena beberapa personil ketahuan tidur ketika sedang menjalankan tugas. Ada juga senjata yang tidak terawat dan ditempatkan begitu saja, serta tahanan yang tidak diperbarui.

Baca Juga: Narapidana Lapas Beberkan Praktik Jual Beli Kamar Tahanan, Dari Rp 5 Ribu Hingga Rp 2 Juta!

“Ada juga temuan tahanan yang masih di bawah umur itu ditahan bersama dengan orang dewasa, juga penampilannya baik rambut dan seragam tidak sesuai” ujarnya. Dari hasil sidak disimpulkan oleh Agoeng bahwa Kapolsek belum optimal dalam menjalankan tugas mengawasi anak buahnya sehingga tidak maksimal saat menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka.

“Hal ini yang bisa merusak citra dan martabat institusi Polri” lanjutnya. Agoeng pun menyampaikan kepada semua Kapolres dan Kapolsek serta Kasi Propam untuk lebih baik dalam pengawasan dan memberi petunjuk arah kepada jajarannya sehingga tiap anggota memahami apa saja tugas dan tanggung jawabnya.

“Terlebih untuk bisa lebih aktif dalam menjalankan pengawasan dan pengecekan pada personel di Polsek Jajaran Polrestabes Makassar serta menjalankan Gaktibplin juga deteksi narkoba lebih dini agar kinerja polisi lebih baik dan bisa menjalankan tugasnya sebaik mungkin” tandasnya.

Memang sidak seharusnya tidak hanya dilakukan secara teratur untuk pekerja bidang lain, sebagai polisi yang berperan sebagai penegak hukum pun perlu dilakukan untuk memastikan semua personil menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik serta bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat.

Baca Juga: Polisi Cek Pengemudi Dalam Kecelakaan Yang Tewaskan Anak Gubernur Kalimantan Utara Via ETLE