Kursi Kereta Ekonomi Dimodifikasi KAI, Anti Pegal!

PT Kereta Api melakukan perbaikan di layanan kelas ekonomi. KAI siapkan modifikasi pada kursi kereta ekonomi non subsidi dengan mengubah bentuk kursi tegak lurus berhadapan menjadi kursi yang bisa direbahkan.

Kursi Kereta Ekonomi Dimodifikasi KAI, Anti Pegal!
Kursi Kereta Ekonomi Dimodifikasi KAI, Anti Pegal. Gambar : Dok. KAI

BaperaNewsDalam rangka memberi layanan lebih maksimal dan meningkatkan kenyamanan pelanggan, PT Kereta Api melakukan perbaikan di layanan kelas ekonomi.

KAI siapkan modifikasi pada kursi kereta ekonomi non subsidi dengan mengubah bentuk kursi yang awalnya tegak lurus berhadapan menjadi kursi yang bisa direbahkan.

“Saat ini KAI sedang lakukan modifikasi interior kereta dan kursinya di Balai Yasa Manggarai, modifikasi ini sebagai bentuk program peningkatan layanan di kelas ekonomi” tutur VP Public Relations KAI Joni Martinus pada Kamis (25/5).

Pada tahap awal modifikasi kelas kereta ekonomi ini, Joni menyebut KAI sudah lakukan modifikasi di 4 gerbong kereta ekonomi yakni jumlah gerbong yang awalnya 80 tempat duduk menjadi 72 tempat duduk sehingga memberi kesan lebih luas.

“Keunggulan lainnya ialah kursi bisa diputar dan disandarkan seperti kursi di kelas eksekutif” imbuhnya.

Interior kereta juga ditambahkan dengan Public Information Display System (PIDS) yang bisa tampilkan suhu dan jam. Interior kereta dimodifikasi mirip kereta eksekutif dengan bentuk bagasi dan nuansa lebih cerah. Serta toilet diubah menjadi lebih mewah dengan toilet duduk. 

Baca Juga : Catat Jadwal Terbaru Perjalanan Kereta Api Argo Wilis

Joni belum mengungkap kapan gerbong kereta ekonomi yang baru ini akan mulai dioperasikan atau dipakai di kereta mana, ia hanya menegaskan dalam waktu dekat pelanggan kereta api kelas ekonomi akan rasakan pengalaman berbeda dan tentunya jauh lebih nyaman selama melakukan perjalanan.

“Dengan modifikasi kursi kereta kelas ekonomi ini, KAI berkomitmen untuk terus memberi layanan yang bagus ke depannya agar menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, dan sehat” pungkas Joni.

Sebelumnya virak keluhan pelanggan kereta api tentang kursi kereta api kelas ekonomi dimana kursinya tegak lurus, keras, dan berhadapan dengan jarak yang sempit.

Penumpang kereta api kelas ekonomi banyak mengeluhkan punggung mereka pegal setelah perjalanan, duduk juga tidak nyaman karena alasnya yang keras ditambah kaki tak bisa lurus karena jarak yang sempit dan harus berhadapan dengan penumpang lain.

Keluhan ini pun direspon oleh PT KAI dengan memperbaiki kursi kelas ekonomi, diharapkan kelas kereta ekonomi yang baru ini bisa segera diterapkan di kereta agar seluruh penumpang bisa menikmati perjalanan yang lebih nyaman.

Baca Juga : Syarat, Tarif, dan Cara Pengajuan Naik Kereta Api Luar Biasa KAI