Kronologi Polisi Cegat Pendemo Dekati Tempat KTT APEC 2022

KTT APEC 2022 yang digelar di Bangkok, Thailand tidak berjalan begitu lancar, terdapat kendala yakni adanya kerusuhan yang diakibatkan oleh pendemo.

Kronologi Polisi Cegat Pendemo Dekati Tempat KTT APEC 2022
Terjadi kerusuhan di Bangkok saat KTT APEC 2022 digelar yang diakibatkan oleh pendemo. Gambar : AP/Dok. Wason Wanichakorn

BaperaNews - Presiden RI Jokowi berangkat ke Bangkok, Thailand untuk mengikuti KTT APEC ke-29 2022 pada Jumat (18/11). Jokowi langsung berangkat usai penyelenggaraan KTT G20 Bali selesai dilaksanakan. Jokowi menggelar pertemuan dengan berbagai kepala Negara lain.

Jokowi juga akan mengadakan sejumlah pertemuan bilateral dalam acara tersebut. KTT APEC sendiri ialah kerjasama ekonomi Asia Pasifik yang beranggotakan 21 negara. Tema tahun ini ialah rehabilitasi ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Namun, KTT APEC 2022 di Bangkok mengalami sejumlah kendala, salah satunya ialah adanya kerusuhan yang diakibatkan pendemo, membuat polisi Bangkok terpaksa melepas peluru karet untuk mencegah pendemo masuk lokasi KTT APEC. Bentrok pun tak terhindarkan.

Kronologi Kerusuhan KTT APEC

Penanggung jawab gugus tugas keamanan KTT APEC, Inspektur Ashyan Kraitong menjelaskan kronologi kejadiannya. Berawal dari 250 pendemo datang di dekat lokasi KTT, 10 km dari lokasi KTT APEC. “Mereka melanggar hukum, menyerang petugas polisi secara fisik” ujarnya. Hal ini berujung penangkapan 10 orang pendemo, 5 aparat kepolisian juda dilaporkan terluka.

Tidak menyerah, para pendemo terus bergerak ke Queen Sirikit National Convention Centre, tempat dilaksanakannya KTT APEC. Polisi langsung memblokade jalan, memerintahkan pendemo hingga wartawan meninggalkan tempat unjuk rasa.

Baca Juga : 6 Poin Penting Pembahasan KTT G20 Di Hari Pertama

Polisi meminta pendemo kembali ke Lan Khin Muang Town Square, di depan Balaikota Bangkok yang sebelumnya jadi tempat demo. Pukul 10 pagi waktu setempat, pendemo bersikeras untuk pindah tempat dan memperluas lokasi unjuk rasa. Mereka pun mendekat ke barisan polisi hingga terjadi bentrok.

Polisi terpaksa memakai peluru karet untuk memukul mundur para pendemo, sejumlah pendemo juga melempar proyektil ke polisi. “Polisi menembak peluru karet ke arah kami, kami tidak berniat melakukan kekerasan, polisi meminta kami untuk patuh agar bisa mengajukan tuntutan kami” ujar seorang pendemo Patsaravalee Tanatkivibulpon.

“Polisi tidak punya tulang punggung, mereka berbuat kekerasan pada orang-orang” pungkasnya.

Akhirnya banyak pendemo terluka karena bentrok tersebut. Meski demikian, KTT APEC tetap bisa berjalan dengan lancar dan aman di lokasi. Pengamanan diperketat untuk memastikan semua peserta KTT APEC aman.

Sejumlah Pemimpin Dunia Yang Hadir Di KTT G20 Bali Juga Nampak Hadir Di KTT APEC yaitu :

  1.       Presiden Indonesia Jokowi.
  2.       Presiden China Xi Jinping.
  3.       PM Jepang Fumio Kishida.
  4.       Presiden Prancis Emmanuel Macron.
  5.       PM Australia Anthony Albanese.
  6.       Presiden Filipina Ferdinand Macros.
  7.       PM Selandia Baru Jacinda Adern.

Sedangkan Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hadir. KTT APEC 2022 dilaksanakan dua hari 17-18 November 2022 di Bangkok, Thailand.

Baca Juga : 5 Poin Penting Pembahasan KTT G20 Di Hari Kedua