Kronologi Persipura Tak Tanding Hingga Ancaman Sanksi Rp 1 Miliar

Nasib klub sepak bola lokal Persipura Jayapura saat ini sedang di ujung tanduk usai tidak tanding kini ada ancaman denda Rp 1 Miliar!

Kronologi Persipura Tak Tanding Hingga Ancaman Sanksi Rp 1 Miliar
Persipura Tak Tanding Hingga Ancaman Sanksi Rp 1 Miliar. Gambar: Twitter.com/@persipura63

BaperaNews - Nasib klub sepak bola lokal Persipura Jayapura saat ini sedang di ujung tanduk menyusul adanya ancaman denda Rp 1 Miliar hingga pengurangan poin yang sebelumnya mereka dapatkan setelah mereka tidak hadir dalam pertandingan.

Diketahui sebelumnya tim Persipura Jayapura tidak hadir di pertandingan tanggal 21 Februari 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Padahal mereka harus melawan Madura United, namun mereka memutuskan untuk tidak hadir di laga dengan sejumlah pertimbangan dimana tim lawan sudah terlanjur datang dan menunggu untuk bertanding.

Direktur PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian, menjawab kronologi kasus tersebut dengan alasan dan fakta-fakta dalam sebuah lampiran surat resmi. Surat tersebut ditujukan untuk Ketua Umum Pengurus Klub Sepak bola Persipura Jayapura, Benhur Tomi, dijelaskan bahwa sehari sebelum bertanding, tepatnya jam 10.00 WITA, Tim Laboratorium Kesehatan Bali melakukan pengambilan sampel anggota Persipura Jayapura untuk diperiksa dan tes PCR dalam rangka deteksi covid19, hal ini juga diawasi oleh dokter Satgas covid19 di Hotel Tulip Esensial Denpasar.

Baca Juga: Sedihnya Pemain Persipura Asal Ukraina Saat Negaranya Diserang Rusia

Pada pukul 14.42 WITA, hasil tes keluar dan menunjukkan ada 6 pemain Persipura Jayapura dan 3 official positif covid19, sementara 20 pemain dan 7 official negatif namun tetap harus isolasi karena melakukan kontak erat sebelumnya.

Pukul 17.42 WITA, Persipura Jayapura pun mengirim surat ke panitia BRI Liga 1 2021/2022 yang isinya permohonan untuk menunda pertandingan Persipura Jayapura VS Madura United dengan alasan banyaknya kasus pemain yang terpapar covid19.

Sampai pada esok harinya ketika hari bertanding seharusnya terlaksana tepatnya jam 07.30 WITA, dilakukan pemeriksaan PCR kembali kepada pemain lain yang sebelumnya sudah isolasi selama 4 hari hasil menunjukkan mereka negatif covid19.

Namun wakil Satgas LIB dr. Alfan Nur meminta untuk seluruh pemain yang dinyatakan negatif covid19 melakukan tes PCR ulang dan hasilnya ternyata ada 4 orang pemain lagi yang dinyatakan positif yakni jam 09.30 WITA.

Pada sore harinya pukul 15.07 WITA, kembali dilakukan tes pada pemain yang hasilnya negatif dan hasilnya justru kembali bertambah positif di 5 pemain, jadi total pemain yang dinyatakan positif covid19 totalnya sebanyak 9 orang.

Satu jam setelah tes PCR terakhir atau pada 16.08 WITA, BRI Liga I membalas surat yang intinya pertandingan tetap dilakukan sesuai jadwal, pukul 19.38  WITA, pihak Persipura Jaya kembali membalas surat, menyampaikan tidak bersedia bertanding karena banyaknya pemain yang positif covid19.

Akhirnya pertandingan pun tidak dilakukan karena tim Persipura Jayapura tidak hadir di lapangan, panitia sudah menjelaskan kekhawatiran akan potensi menularkan covid19 kepada yang lain.

Baca Juga: Perang Dunia, 3 Jenis Senjata Canggih Yang Dipakai Rusia Menggempur Ukraina