Kronologi Alfamart Di Banjar Kalsel Ambruk Dalam Hitungan Detik

Penjelasan Kapolres Banjar, Kalsel, AKBP Doni Hadi terkait kronologi ambruknya bangunan Alfamart di wilayah kerjanya dalam hitungan detik!

Kronologi Alfamart Di Banjar Kalsel Ambruk Dalam Hitungan Detik
Tim SAR mengevakuasi korban yang terjebak di reruntuhan gedung retail modern Alfamart di Gambut Km 15, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/4/2022). Gambar: ANTARA FOTO/ Dok. IMAN SATRIA

BaperaNews - Kapolres Banjar, Kalsel, AKBP Doni Hadi, menjelaskan kronologi Alfamart di wilayah kerjanya yang tiba-tiba roboh atau ambruk hanya dalam hitungan detik,  ia menyebut, mini market tersebut sudah retak sebelumnya yakni pada hari Senin (18/4/22).

Ia menjelaskan dari keterangan saksi mata, bangunan Alfamart sudah mengalami keretakan selama  sekitar sepuluh detik sebelum ambruk hingga membuat belasan orang yang ada di dalamnya terjebak. “Dari keterangan saksi pada hari Senin, jam 17.05 WITA itu terdengar suara seperti bunyi bangunan yang retak selama 10 detik, dan kemudian bangunan langsung ambruk” ujarnya.

Saksi tersebut, lanjut Doni juga melihat ada sejumlah pembeli dan beberapa karyawan Alfamart di dalamnya, ada sekitar tiga karyawan dan beberapa pembeli. Para korban yang sudah dievakuasi sebanyak enam orang dimana semuanya terjebak reruntuhan di banguanan Alfamart yang ambruk tersebut.

Selanjutnya, lima orang korban dibawa ke RSI Sultan Agung KCG untuk mendapatkan pertolongan medis, korban tersebut bernama Sita, Irfan, Yulia, Hanyar, dan Bahransyah. Sedangkan satu orang lagi bernama Agus dirawat di IGD RS Ciputra Kertak Hanyar karena berada dalam kondisi luka yang lebih serius.

Baca Juga: Viral Guru dan Siswa di Surabaya Nari Bareng Diapresiasi Mendikbud Nadiem

Peristiwa Alfamart ambruk hingga rata dengan tanah ini terjadi hari Senin sore 18 April 2022, Wakil Kepala Kepolisian Resor Banjar, Kompol Moh Fihim mengungkap setidaknya ada 15 orang terjebak di dalam reruntuhan bangunan, jumlah data ini hanya sementara, dari keterangan saksi.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin menyebut evakuasi hingga kini masih terus dilakukan, Solihin juga menyampaikan pihak Alfamart akan menanggung semua biaya pengobatan, perawatan, dan juga santunan untuk seluruh korban dan ia menyatakan duka cita mendalam atas kejadian tersebut.

Alfamart akan sepenuhnya menanggung pengobatan dan santunan untuk semua korban” ujarnya dalam sebuah keterangan resmi.

Alfamart sendiri ialah minimarket yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dikenal memiliki layanan bagus dan barang yang cukup lengkap sehingga memudahkan pembeli untuk mencari apa yang dibutuhkannya, sebelumnya tidak pernah terjadi masalah berarti pada Alfamart, dikenal memiliki gedung atau bangunan yang bagus, baru kali ini terjadi insiden tak terduga yang bahkan memakan korban tersebut. Polisi juga masih mencari korban lain untuk dievakuasi dan masih diselidiki sebab bangunan tersebut tiba-tiba ambruk.

Baca Juga : Viral Langit Cimahi Berwarna Biru Di Malam Hari, Ini Penjelasan BMKG