Kondisi Terkini Banjir Bandang di Lahat Sumatera Selatan

Derasnya air hujan yang besar membuat Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan mengalami banjir bandang pada Kamis dini hari (9/3). Ini kondisi terkini banjir bandang di Lahat.

Kondisi Terkini Banjir Bandang di Lahat Sumatera Selatan
Kolase Foto Banjir bandang di Lahat Sumatera Selatan. Gambar : Tangkapan Layar Twitter/@JKT48PALEMBANG/@SiOtakDungu

BaperaNews - Banjir bandang  terjadi di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) memakan korban jiwa 1 orang anak-anak, anak tersebut meninggal dunia karena terseret arus.

“Dari info yang berhasil dihimpun, korban tewas akibat terseret banjir” tutur Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari pada Kamis (9/3).

Sejumlah wilayah di Lahat, Sumsel terdampak banjir diantaranya di Desa Karang Dalam, Desa Tanjung Sirih, Desa Tinggi Ari, hingga Desa Keban Agung.

Banjir terjadi usai adanya hujan deras intensitas tinggi, membuat sungai Lematang meluap dan masuk ke pemukiman warga. Sedikitnya 120 rumah terendam banjir.

Banjir bandang di Lahat juga menyebabkan satu jembatan roboh dan putus yakni jembatan penghubung Kelurahan Nantal dan Bandar Agung. Akses jembatan yang menghubungkan Pagaralam Desa Tanjung Sirik ke Lahat juga terdampak, hal ini membuat lalu lintas sangat sulit dan tidak kondusif.

Derasnya banjir membuat satu rumah warga ikut terseret arus, ada pula rumah warga yang roboh. Tim gabungan dari BPBD, SAR, dan TNI Polri berupaya menolong warga yang jadi korban. Pemerintah setempat meminta warga di sekitar Sungai Lematang menjauh dari aliran sungai demi keselamatan.

Tidak hanya banjir bandang yang melanda, Lahat juga diterjang tanah longsor. “Tanah longsor ada di dua desa” ungkap Kapolres Lahat AKBP Kunto Hartono. 

Menurut BMKG, kondisi cuaca di Lahat, Sumatera Selatan masih berpotensi hujan ringan hingga sedang dengan petir hingga 11 Maret 2023. Maka BNPB menghimbau masyarakat untuk waspada dan siap untuk menghindari resiko banjir. Berikut data terkait banjir bandang di Lahat, Sumatera Selatan.

Baca Juga : Serba Serbi Kebakaran Depo Plumpang Milik Pertamina

Data Terkait Banjir Bandang di Lahat, Sumatera Selatan :

4 Kecamatan Terdampak Banjir :

  • Pulau Pinang
  • Kikim
  • Jarai
  • Mulak Sebingkai

Kecamatan Terdampak Longsor :

  • Mulak Ulu
  • Gumay

Penyebab Banjir Bandang di Lahat

Hujan deras membuat air sungai Lematang meluap sejak Rabu (8/3) hingga Kamis pagi (9/3).

Jumlah Korban Banjir Bandang di Lahat

Jumlah korban banjir bandang di Lahat ada satu anak meninggal dunia bernama Giga (13) karena tersapu arus banjir, jenazah telah ditemukan di aliran sungai Ujan Mas, Muara Enim pada Kamis (9/3) pukul 09.30 WIB, ketika diperiksa, bocah diketahui telah meninggal dunia. Korban sebelumnya hilang pada Rabu sore (8/3).

Kondisi Terkini Banjir Bandang di Lahat

Kondisi terkini banjir bandang di Lahat terjadi sejak Kamis dini hari (9/3) dengan ketinggian hingga 4 meter, kini air sudah berangsur surut, namun warga diminta tetap waspada mengingat masih ada potensi hujan.

Baca Juga : Kronologi dan Fakta Tanah Longsor di Natuna, Menelan 15 Korban Jiwa