Kominfo Minta Bantuan Kedubes AS Untuk Kontak Paypal Dkk Mau Daftar PSE

Kominfo minta bantuan ke Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) untuk mengontak perusahaan Paypal dkk yang bersangkutan agar segera mendaftar PSE.

Kominfo Minta Bantuan Kedubes AS Untuk Kontak Paypal Dkk Mau Daftar PSE
Kominfo minta bantuan Kedubes AS. Gambar : REUTERS/Dok. Beck Diefenbach

BaperaNews - Beberapa hari lalu Kominfo terpaksa memblokir sejumlah platform yang tidak mendaftar PSE melewati batas waktu yang ditentukan diantaranya ialah PayPal, Dota2, Steam, Epic Games, dan Yahoo Search Engine.

Pemerintah menyadari masyarakat butuh untuk menggunakan platform tersebut namun pemerintah juga harus adil dalam menerapkan aturan pendaftaran PSE bagi semua platform. Sebab itulah, untuk mengatasi masalah tersebut, Kominfo minta bantuan ke Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) untuk mengontak perusahaan yang bersangkutan agar segera mendaftar.

Publik yang bergantung pada layanan platform tersebut hingga kini masih protes melalui media sosial hingga mengirim karangan bunga berisi kalimat sindiran ke Kantor Kominfo. Kominfo saat ini juga masih membuka sementara akses PayPal hingga Jumat mendatang (5/8) pukul 23.59 WIB agar masyarakat bisa migrasi dana dan uangnya tidak hilang. Hal ini tentu bukti kepedulian Kominfo pada masyarakat.

“Kominfo tidak tinggal diam ya, tidak pasif, tapi aktif melakukan komunikasi, termasuk dengan kementerian dan lembaga terkait dari dalam negeri” tegas Menkominfo Johnny G Plate Senin (1/8).

“Untuk mencari tahu, mengkoordinasi, dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Negara sahabat dimana sekali lagi kami menemukan kantor pusatnya berada” lanjutnya.

Baca Juga : Cerita Seniman Cibubur Kehilangan Nafkah Saat PayPal Diblokir

Namun sejauh ini, Kominfo belum mendapat respon dari sejumlah platform yang diblokir seperti dari PayPal, Origin, Epic Games, dan Yahoo yang semuanya adalah perusahaan dari Amerika Serikat (AS).

“Kami juga minta bantuan Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk komunikasi dengan PSE tersebut mengingat upaya komunikasi yang dilakukan Kominfo selama ini dengan berbagai macam cara tidak mendapat tanggapan sama sekali” sambung Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani.

Tentunya hal ini juga bukan sepenuhnya kesalahan dari Kominfo, dibutuhkan juga kesadaran dari platform tersebut untuk segera daftar PSE agar tetap bisa diakses dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

“Kami terus berusaha komunikasi dengan pengelola PayPal, karena sampai saat ini meski sudah dicoba komunikasi dengan berbagai macam cara dan jalur, PayPal sama sekali belum merespon” imbuhnya.

“Untuk ketiga game ini (Steam, DoTA, dan CS Go) kami juga minta bantuan Kedubes AS di Jakarta untuk mendorong mereka segera merespon permintaan dari Kominfo, pihak Kedubes sedang membantu untuk berkomunikasi” jelasnya.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini mereka bisa melengkapi pendaftaran dan masyarakat yang memakai layanan ini bisa segera menggunakannya kembali” tutupnya.

Baca Juga : Bisa Diakses! Kominfo Cabut Sementara Pemblokiran Paypal, Cuma 5 Hari