Koin Bani Umayyah Ditemukan di Riyadh, Bukti Era Awal Islam di Dunia!

Komisi Warisan Budaya Arab Saudi menemukan koin Bani Umayyah di Riyadh. Penemuan ini jadi salah satu bukti adanya era awal islam. 

Koin Bani Umayyah Ditemukan di Riyadh, Bukti Era Awal Islam di Dunia!
Koin Bani Umayyah ditemukan Arkeolog di Riyadh. Gambar : Twitter @MocHeritage

BaperaNews - Koin langka dari jaman Dinasti Umayyah tahun 85 Hijriyah berhasil ditemukan oleh Komisi Warisan Budaya Arab Saudi, penemuan ini jadi salah satu bukti adanya era awal islam. 

Koin tersebut ditemukan di Halit, Provinsi Dawadimi, Riyadh, Arab Saudi ketika dilakukan proyek penggalian situs arkeologi Halit di tempat tersebut.

Menurut Komisi Warisan, penemuan Koin Bani Umayyah di Riyadh langka itu ialah bukti situs arkeologi Halit penting keberadaannya sebab lokasi tempat temuan juga menjadi lokasi penting dalam masa perkembangan islam awal. Koin yang ditemukan terdapat tulisan Arab jaman dulu yang diukir di bagian tengahnya.

Selain Koin Bani Umayyah, sejumlah barang temuan langka lain yang ditemukan pada hari Kamis (16/3) ialah mithqal (alat untuk mengukur logam), tulisan Arab awal, dan pasar pemukiman. 

Ada juga temuan kamar yang berada di samping pintu masuk masjid. Laman Saudi Gazette mengungkap penemuan Koin Bani Umayyah ini berhubungan dengan peradaban jazirah Arab masa dulu, khususnya selama masa Bani Umayyah.

Baca Juga : Penemuan Pemakaman Kuno dan Lukisan Mumi Di Mesir

Temuan tulisnya sama dengan analisis ilmiah yang sebelumnya pernah dilakukan para peneliti. Situs arkeologi Halit ialah situs pertambangan dari zaman Bani Umayyah, sebelumnya disebut Madaan Al Najadi yang artinya logam Al Najadi milik putra Naajad bin Musa bin Saad bin Abi Waqqas.

Apa itu Bani Umayyah?

Bani Umayyah ialah zaman kekhalifahan islam pertama usai wafatnya Nabi Muhammad SAW, dinasti ini telah berjalan hampir satu abad, tepatnya selama 90 tahun. 

Menurut berbagai buku sejarah islam, masa kekuasaan Bani Umayyah dimulai pada tahun 41 Hijriyah-132 Hijriyah, islam mengalami perluasan sepanjang masa tersebut.

Bani Umayyah didirikan oleh Muawiyah yang merupakan khalifah pertama di Bani Umayyah, ia ialah putra Abu Sufyan yang lahir 15 tahun sebelum Hijiriyah. Selama memimpin, Muawiyah memakai segenap kecerdasaanya, kompetensi, dan kecerdikannya untuk memperkuat islam sedunia.

Selain Muawiyah, ada juga khalifah lain yang pernah memimpin Dinasti Umayyah yakni Yazid bin Muawiyah, Muawiyah bin Yazid, Marwan bin Hakam, Abdul Malik bin Marwan, Al Walid bin Abdul Malik, Sulaiman bin Abdul Malik, Umar bin Abdul Aziz, Yazid bin Abdul Aziz, Hisyam bin Abdul Malik, Walid bin Yazid, Ibrahim bin Walid, dan Marwan bin Muhammad.

Baca Juga : Aturan Ramadhan Uni Emirat Arab: Tidak Boleh Nolak Jika Diajak Bukber