KLHK dan PLN Resmi Sinergikan Program Ramah Lingkungan, Fahd A Rafiq: Semoga Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Lingkungan di Indonesia

Kolaborasi KLHK dan PLN melalui penandatanganan MoU memberikan dorongan positif bagi pembangunan ramah lingkungan.

KLHK dan PLN Resmi Sinergikan Program Ramah Lingkungan, Fahd A Rafiq: Semoga Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Lingkungan di Indonesia
KLHK dan PLN Resmi Sinergikan Program Ramah Lingkungan, Fahd A Rafiq: Semoga Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Lingkungan di Indonesia. Gambar: Dok. Istimewa

Bapera News - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) baru saja meresmikan kolaborasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di bidang kegiatan lingkungan hidup dan ketenagalistrikan. Kerja sama itu ditandai melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menanggapi secara positif atas sinergi yang dilakukan KLHK untuk menjalankan program ramah lingkungan.

“Kerja sama ini merupakan langkah konkret mendukung proyek strategis nasional, khususnya yang berkaitan dengan kelistrikan dan energi terbarukan,” ujar Fahd A Rafiq, Senin (27/11).

KLHK berkomitmen terus menerapkan prinsip keberlanjutan dalam setiap pembangunan, mulai dari pemenuhan dokumen hingga persyaratan perizinan lingkungannya.

Sementara itu, Direktur Utama PLN mengapresiasi dukungan KLHK selama ini terhadap berbagai program PLN. Ia menegaskan PLN kini tengah berupaya mengembangkan energi bersih dan mengurangi emisi sektor ketenagalistrikan.

“Dua hal ini memiliki perjuangan sama yakni menyelamatkan lingkungan dan bumi. Kerja sama ini memudahkan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Seperti halnya PLN tidak hanya menyediakan listrik, tapi juga turut lestarikan alam,” ujar Fahd A Rafiq, Senin (27/11).

Dengan kolaborasi ini, KLHK dan PLN diharapkan bisa saling mendukung program ramah lingkungan. Seperti pengembangan energi terbarukan, rehabilitasi hutan, konservasi alam, hingga upaya mitigasi dampak perubahan iklim.

Targetnya tentu menjaga kelestarian fungsi lingkungan dan sumber daya alam Indonesia demi kesejahteraan masyarakat. Apalagi semakin banyak tantangan global soal krisis iklim, lingkungan, dan kelangkaan energi di masa depan.

Lewat sinergi ini, KLHK dan PLN bahu membahu mewujudkan pembangunan berkelanjutan di sektor kelistrikan dan lingkungan Indonesia. Sehingga kedaulatan energi dan kelestarian alam tetap terjaga, sebagai modal besar mewujudkan Indonesia Maju.

Penulis : Ahmad G