Kisah Haru Tukang Becak Lamongan Tambal Jalan Demi Anak Pakai Uang Pribadi

Seorang tukang becak motor asal Lamongan bernama Gufron viral di media sosial usai aksinya menambal jalan berlubang demi putrinya dengan uang pribadi.

Kisah Haru Tukang Becak Lamongan Tambal Jalan Demi Anak Pakai Uang Pribadi
Kisah haru tukang becak Lamongan tambal jalan demi anak pakai uang pribadi. Gambar : DetikJatim/Dok. Eko Sudjarwo

BaperaNews - Kisah seorang tukang becak asal Lamongan, Jawa Timur bernama Gufron (62) viral di media sosial karena aksinya yang begitu mengharukan. Gufron rela menambal lubang-lubang di jalan dengan uang pribadinya dan peralatan yang ia miliki demi putrinya supaya bisa pulang ke rumah dengan nyaman. 

Lubang jalan yang dibenahi oleh Gufron ialah jalan penghubung Kecamatan Deket - Karangbinangun. Tukang becak Lamongan tambal jalan ini hanya membawa batu, palu, pasir, kerukan aspal dan solar yang ia sisihkan dari bahan bakar becak motornya. Bahan-bahan tersebut ia beli dengan uang pribadi.

Sudah tiga hari tukang becak Lamongan tambal jalan tersebut menambal jalan demi putrinya, Gufron berangkat dari rumahnya sambil membawa karung berisi kerukan aspal dan palu yang ia letakkan di belakang bangku penumpang, sebotol solar juga selalu ia bawa untuk cadangan jika bahan bakar becak motornya habis. 

“Sudah tiga hari ini saya menambal jalan” tutur Gufron pada Kamis (2/2).

Jika tidak sedang membawa penumpang dan ia menemukan jalan berlubang, Gufron langsung menghentikan becaknya dan memperbaiki lubang jalan tersebut. Gufron mengaku tergerak untuk menambal lubang jalan tersebut sudah lama, sebab tak pernah kunjung diperbaiki oleh pemerintah setempat. 

Baca Juga : Kakek Pemulung Beli Mobil Cash Untuk Pulkam! Kisahnya Bikin Haru

Tukang Becak Tambal Jalan Demi Keselamatan Putrinya

Gufron mengaku selalu teringat akan putrinya yang setiap hari bekerja harus pulang pergi melewati jalan yang rusak, ia tidak ingin putrinya jatuh di lubang tersebut.

“Saya lakukan ini terutama untuk putri saya yang kerja di Lamongan kota agar tidak jatuh waktu lewat, saya takut lubang-lubang itu membuat anak saya jatuh, kalau sampai terjadi, saya sendiri yang susah” imbuhnya.

Gufron juga berharap pemerintah setempat memperhatikan kondisi jalan yang ada, memperbaiki ruas-ruas jalan yang rusak, juga menambah penerangan di sepanjang jalan.

“Mudah-mudahan pemerintah kabupaten bisa segera memperbaiki juga lampu yang sudah rusak ini, biar orang-orang yang lewat aman” pungkas Gufron.

Respon Pemkab Lamongan Soal Tukang Becak Lamongan Tambal Jalan Demi Putrinya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Lamongan Sujarwo menyebut pihaknya akan memperbaiki jalan yang rusak terutama di sekitar Desa Deket Kulon tempat Gufron menambal jalan.

“Iya kemarin itu sudah diperbaiki, yang rusak di Deket - Karangbinangun akan kita tangani. Sebenarnya kita juga lakukan perbaikan jalan secara berkala, di beberapa ruas sudah. Kita nggak hitung berapa jumlah lubang di jalan, saat ini belum selesai, masih pemeliharaan, yang sudah ditangani masih sekitar 1 km” ucap Sujarwo pada Kamis (2/2).

Baca Juga : Terharu! Kisah Polisi Di Yogyakarta Yang Rela Jual Rumah Demi Bangun Masjid