Kenali Pesawat Canggih Mampu Putari Bumi Berbulan – Bulan Tanpa BBM

Sebuah pesawat terbang dengan tenaga surya seberat mobil SUV bisa terbang mengelilingi bumi selama berbulan-bulan tanpa membutuhkan BBM.

Kenali Pesawat Canggih Mampu Putari Bumi Berbulan – Bulan Tanpa BBM
Kenali Pesawat Canggih Mampu Putari Bumi Berbulan – Bulan Tanpa BBM. Gambar : Unsplash.com/Dok. Josue Isai Ramos Figueroa

BaperaNews - Sebuah pesawat terbang dengan tenaga surya seberat mobil SUV bisa terbang mengelilingi bumi selama berbulan-bulan tanpa membutuhkan bahan bakar atau BBM, pesawat tersebut pada tahun 2016 nampak aneh karena dikelilingi 17 ribu panel surya, namun kini menjadi wajah baru di dunia penerbangan.

Pesawat dengan sayap Boeing 747 itu berhasil keliling dunia tanpa memakai setetes pun bahan bakar atau BBM, pesawat dinamai Solar Impulse 2, karya dari penjelajah Swiss Betrand Piccard dan Insinyur Swiss Betrand Borschberg. Mereka membuat pesawat tersebut dengan potensi energi terbaru.

Pada tahun 2019, pesawat canggih tersebut dibeli oleh Skydweller Aero, perusahaan asal Amerika Serikat – Spanyol yang bertujuan mengubah pesawat jadi satelit semu komersial dimana ia mampu menjalankan tugas sebagaimana satelit pada umumnya dengan dampak lingkungan yang lebih minim dan banyak fleksibilitas.

Satelit semu ini ialah pesawat yang tetap terbang tanpa batas waktu” ujar CEP Skydweller, Robert Miller. “Itu artinya dalam 30, 60, 90 hari dan mungkin setahun, dengan demikian, ia bisa melakukan apa saja yang Anda bayangkan untuk bisa dilakukan satelit” imbuhnya.

Baca Juga : 5 Fenomena Langit Mei 2022, Hujan Meteor Hingga Gerhana Bulan Total

Sejumlah fungsi dari satelit semu ini yakni menyediakan telekomunikasi dan pencitraan di bumi, untuk proses tanggap bencana alam, dan memantau sumber daya alam. Teknologi ini disebut lebih murah dan fleksibel, karena biasanya pembuatan satelit perlu harga yang mahal dan butuh roket untuk bisa berada di titik orbit.

Pesawat dengan energi solar ini juga bisa lebih tahan lama dibandingkan satelit pada umumnya yang punya masa hidup terbatas dan cepat menjadi sampah di luar angkasa, setelah membeli solar Impulse 2, Skydweller pun menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk memodifikasi dan kemudian menerbangkan kembali pada November 2020.

Solar Impulse 2 kini sudah menyelesaikan 12 kali penerbangan sejak saat uji coba dimulai, saat itu cuaca di tenggara Spanyol cerah. “Pilotnya masih ada disana untuk sisi keselamatan, namun kami punya kemampuan untuk menerbangkan pesawat yang otonom atau tanpa awak” tutupnya.

Para ahli memang sedang berlomba untuk membuat pesawat yang bisa menjangkau luar angkasa dengan segala kelebihannya untuk bisa meneliti dan mengawasi bumi dengan lebih jelas serta mencari tahu segala hal yang ada di luar angkasa.

Baca Juga : 5 Teori Keberadaan Multiverse, Benarkah Ada?