Kemenpan-RB Beri Bocoran Soal Seleksi CPNS 2022

Pemerintah saat ini fokus dengan seleksi PPPK, lalu kapan seleksi CPNS dibuka? Deputi bidang SDM Aparatur Kemenpan-RB Alex Denni buka suara terkait hal tersebut.

Kemenpan-RB Beri Bocoran Soal Seleksi CPNS 2022
Kemenpan-RB beri bocoran soal seleksi CPNS 2022. Gambar : Ayobandung.com/Kavin Faza

BaperaNews - Lowongan CPNS belum dibuka, pemerintah saat ini masih fokus pada PPPK. “Demi meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan, arah kebijakan ASN 2022 dilakukan hanya untuk PPPK. PPPK 2022 fokus pada layanan dasar yaitu guru dan tenaga kesehatan” ujar Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Alex Denni di Jakarta pada Kamis (27/10).

PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Khusus) 2022 berpihak pada eks THK II baik nakes atau guru yang memenuhi syarat. Lalu kapan seleksi CPNS akan dibuka?

Alex menjelaskan, untuk kebutuhan CPNS, saat ini masih dalam pengkajian. “Tahun depan setelah pengkajian ulang selesai dan kita sudah ketemu kebutuhannya maka CPNS akan kita laksanakan kembali sesuai dengan prioritasnya” sambungnya.

Baca Juga : Pemerintah Siapkan 1 Juta Lowongan Kerja Untuk CPNS Dan PPPK, Berikut Rincian Lengkapnya!

Menurutnya, ada 4 arah kebijakan pengadaan ASN di Tahun 2022 ini, yaitu :

  1. Pandemi Covid-19 dan penyederhanaan birokrasi. Yakni perubahan kerja birokrasi melalui teknologi informasi akan mengubah kebutuhan ASN dari segi jumlah dan kualitas.
  2. Fokus pelayanan dasar. Sisa kebutuhan guru yang belum terpenuhi dibuka kembali oleh Pemda, ini ialah layanan dasar dulu yang memang dibutuhkan. “Selanjutnya baru berpihak pada Eks THK II” terangnya.
  3. PR tenaga kerja honorer. Masih ada PR untuk menyelesaikan honorer THK II yang juga harus didukung prioritas untuk mereka, dengan sistem rekrutmen yang telah diperbarui.
  4. Gaji dan tunjangan. ASN diusulkan oleh pemerintah pusat dengan perimbangan kemampuan pemerintah dalam membayar gaji dan tunjangannya. “Kita usahakan agar dipenuhi anggarannya” jelasnya.

Pemerintah sendiri melalui BKN sebelumnya sempat menyampaikan, di tahun 2022 akan lebih banyak fokus pada perekrutan PPPK, bukan CPNS. Maka hingga akhir tahun 2022 ini, pemerintah tidak membuka CPNS.

“Iya tidak ada CPNS, hanya ada formasi PPPK” tegas Kepala Biro Humas Hukum dan Kerjasama BKN Satya Pratama.

CPNS hanya ada dari sekolah kedinasan. “CPNS ada untuk sekolah kedinasan dan sudah dilaksanakan” pungkasnya.

Sedangkan PPPK 2022 kini kembali dibuka, pendaftaran berlangsung online selama 14 hari, mulai dari 25 Oktober – 7 November 2022. Pendaftar bisa mengajukan diri melalui situs https://sscasn.bkn.go.id.

Namun hingga Jumat pagi (28/10), situs tersebut belum bisa dibuka, padahal waktu pendaftaran hanya berlangsung singkat. Pemerintah ataupun dinas terkait juga belum memberi penjelasan atas hal tersebut.

Baca Juga : Sudah Fix! Honorer PNS Bakal Dihapus Tahun Depan