Kemenag Buka Beasiswa Indonesia Bangkit 2023, Ini Syarat dan Benefitnya

Kemenag membuka pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023. Beasiswa ini memberikan kesempatan untuk mendapatkan gelar S1 hingga S3 di perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Kemenag Buka Beasiswa Indonesia Bangkit 2023, Ini Syarat dan Benefitnya
Kemenag Buka Beasiswa Indonesia Bangkit 2023, Ini Syarat dan Benefitnya. Gambar : Freepik.com/Dok. Iconicbestiary

BaperaNewsKementerian Agama membuka Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) tahun 2023. Pendaftaran seleksi beasiswa kemenag dibuka pada 5-25 Juni 2023.

Program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) ialah beasiswa bagi peserta pendidikan khusus agama untuk mendapat gelar S1, S2, dan S2 di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Beasiswa diberikan secara penuh bagi pendaftar yang lolos seleksi di perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan Kemenag RI serta terbuka untuk semua agama yakni agama yang diakui di Indonesia.

“Kita buka kembali seleksi Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023. Pendaftaran pada 5-25 Juni 2023. Beasiswa kemenag ini terbuka untuk semua agama” tutur Sekjen Kemenag Nizar Ali di Jakarta pada Rabu (31/5).

Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) bertujuan menciptakan kualitas lulusan pendidikan yang bagus dan daya saing pendidikan keagamaan baik itu dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Dengan adanya dasar pendidikan agama yang bagus, tentu akan berdampak pada pemberian pendidikan agama insan Indonesia lainnya.

“Ini bagian dari afirmasi kami agar mereka yang selama ini mengabdi di pendidikan agama bisa mendapat akses beasiswa full S1, S2, dan S3” pungkas Ali. 

Baca Juga : Cara Daftar Beasiswa Irawati Puteri, Bantuan Dana Kuliah Hingga Puluhan Juta!

Informasi lengkap tentang Beasiswa Indonesia Bangkit 2023 ini bisa dilihat di aplikasi Superapp Pusaka Kemenag di menu Layanan Terpadu berjudul Beasiswa Indonesia Bangkit atau di laman resmi kemenag.go.id.

Jadwal Beasiswa Indonesia Bangkit 2023

  • Seleksi administrasi : 26 Juni-2 Juli 2023
  • Hasil seleksi administrasi : 5 Juli 2023
  • Seleksi psikotes dan skolastik : 7-12 Juli 2023
  • Seleksi wawancara : 17-21 Juli 2023
  • Hasil seleksi wawancara : 31 Juli 2023

Komponen Beasiswa Indonesia Bangkit 2023

  • Biaya pendidikan : biaya daftar, SPP, penelitian atau skripsi, bantuan untuk seminar, bantuan publikasi jurnal
  • Biaya pendukung : transportasi, asuransi kesehatan, biaya hidup, family allowance untuk S3, biaya aplikasi visa, dana darurat, settlement allowance
  • Biaya tambahan (khusus penerima beasiswa disabilitas) : biaya transport, asuransi, dan biaya pendukung lain untuk pendamping
  • Biaya afirmasi (peningkatan kemampuan bahasa) : biaya program, hidup bulanan, transportasi

Demikian informasi tentang Beasiswa Indonesia Bangkit 2023, pendaftaran dan informasi beasiswa kemenag lebih lengkap bisa Anda simak di laman kemenag.go.id.

Baca Juga : Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Dibuka, Simak Syarat dan Cara Mendaftar