Kehadiran Atlet Israel di World Beach Games 2023 Bali, Pemprov: Tunggu Arahan Jokowi!

Wagub Bali Tjokorda Oka Artha menunggu arahan Presiden Jokowi tentang kehadiran atlet atau timnas asal Isarel di World Beach Games 2023 di Bali.

Kehadiran Atlet Israel di World Beach Games 2023 Bali, Pemprov: Tunggu Arahan Jokowi!
Atlet Israel di World Beach Games 2023 Bali. Gambar : Anocolympic.org

BaperaNews - Wagub Bali Tjokorda Oka Artha atau akrab disapa Cok Ace menunggu arahan dari Presiden Jokowi tentang sikap Indonesia pada kehadiran atlet Israel di ajang World Beach Games 2023 yang akan dilaksanakan di Bali pada Agustus 2023 mendatang.

“Nasib para atlet Israel masih menunggu arahan dari Presiden Jokowi, beliau tentu ada arahan dalam hal ini” tutur Cok Ace pada Senin (3/4).

Diketahui kehadiran atlet Israel sebelumnya jadi masalah pada Piala Dunia U-20 2023, Indonesia dibatalkan statusnya sebagai tuan rumah di ajang FIFA tersebut usai banyaknya penolakan atas kehadiran Timnas Israel yang jadi salah satu pesertanya.

Gubernur Bali I Wayan Koster turut menolak kehadiran atlet Israel untuk menjaga keamanan di Bali dan pertimbangan kemanusiaan. Diketahui Israel tidak punya hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Israel ialah negara yang berpuluh tahun menyerang Palestina, pada masalah ini, Indonesia dengan tegas berpihak dan selalu mendukung Kemerdekaan Palestina.

“Kehadiran Timnas Israel bisa beresiko jadi sasaran berbagai pihak, itu bisa bahaya untuk keselamatan dan keamanan masyarakat Bali” ucap Koster ketika menyampaikan penolakannya pada Kamis (30/3) lalu.

Baca Juga : Ganjar Koster Tolak Timnas Israel, Jokowi: Ini Negara Demokrasi!

Cok Ace sendiri enggan bicara banyak tentang dampak dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 bagi wisata Bali khususnya ekonomi dan perhotelan.

Cok Ace hanya berharap Bali tetap dipilih sebagai salah satu wilayah Indonesia yang menjadi pusat ajang atau tuan rumah dan ajang-ajang internasional lainnya untuk terus menghidupkan wisata Bali termasuk World Beach Games 2023.

“Harapan kita tentu event seperti ini diperbanyak, kita berharap wisatawan banyak datang ke Bali dan juga bisa jadi promosi wisata untuk kami, karena Piala Dunia U-20 2023 ini tak jadi dilaksanakan, kita berharap ada event lain yang bisa mendukung (menggantikan),” lanjut Cok Ace.

World Beach Games 2023 Bali diikuti oleh 1.584 atlet dari 36 negara termasuk Israel. Ada 14 cabang olahraga yang ditandingkan. Israel ikut di nomor basket 3x3 putra dan renang 5 km putri.

Jika event ini sampai kembali dibatalkan, tentu bisa berdampak untuk ekonomi Bali mengingat di ajang internasional akan menghadirkan penghasilan kepada para pengusaha hotel, kuliner, dan wisata Bali.

Baca Juga : Presiden FIFA Soal Piala Dunia U-20: Argentina Pantas Jadi Tuan Rumah