Kebakaran Pasar Gembrong Berawal Dari Arus Pendek, 450 KK Terdampak

Kebakaran besar terjadi di Pasar Gembrong Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jaktim pada Minggu malam (24/4/22) yang diduga dipicu dari arus pendek listrik!

Kebakaran Pasar Gembrong Berawal Dari Arus Pendek, 450 KK Terdampak
Kebakaran Pasar Gembrong Berawal Dari Arus Pendek, 450 KK Terdampak. Gambar: KOMPAS.com/ Dok. WAHYU ADITYO PRODJO

Baperanews - Kebakaran besar terjadi di Pasar Gembrong Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jaktim pada Minggu malam 24 April 2022, titik lokasi kebakarannya tidak jauh dari Mall Basura. Petugas menerima laporan bahwa kebakaran terjadi di sebuah rumah dan membesar dengan cepat sekitar jam 21.06 WIB.

Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jaktim, Gatot Sulaeman menjelaskan, api awalnya muncul dari sebuah rumah warga berlantai dua dan diduga karena ada arus pendek listrik.

“Pemilik rumah teriak ada kebakaran dan warga sekitar membantu berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, namun api membesar dengan cepat dan juga merembet ke bangunan di sekitarnya karena di wilayah tersebut banyak bangunan dari kayu” ujarnya Senin dini hari 25 April 2022.

Kebakaran tersebut pun diatasi dengan menerjunkan 26 unit mobil pemadam kebakaran, api berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan  pada pukul 01.08 WIB, petugas kemudian menyisir lokasi.  Petugas yang diterjunkan sendiri mencapai ratusan yakni sekitar 125 orang personel diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api.

“Objek yang terbakar ada 400 bangunan rumah dan sejumlah pertokoan di Rt 2,3,4,5,6 RW 1 Kelurahan Cipinang Besar Utara” imbuhnya. Total luas yang terbakar sendiri mencapai 1.200 meter persegi dan yang terdampak ada sekitar 450 KK atau 1.000 jiwa.

Baca Juga: 21 Warga Pingsan, Polda Sumut Selidiki Kebocoran Gas Beracun PT SMGP

Wilayah tersebut dikenal sebagai Pasar Gembrong yang populer di kalangan warga Jakarta sebagai tempat jual mainan, dari sejumlah foto yang beredar, api memang nampak membesar hingga seluruh area terlihat orange merata akibat nyala api yang membesar, jumlah kerugian ditaksir mencapai Rp 1,5 Milyar, sedangkan untuk korban jiwa atau luka belum ada laporan tentang hal tersebut.

IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia) menyebut ada 6 kios dan 3 RT yang terdampak, “Ada 6 kios yang terbakar dan 3 RT, semuanya rata-rata pedagang mainan, burung, karpet, dan juga ayam” ujar Pengurus IKAPPI Ahmad Choirul.

Dari video yang beredar, ketika terjadi kebakaran arus lalu lintas di sekitar lokasi cukup padat sehingga menyulitkan mobil pemadam untuk masuk.

“Laporan lalu lintas di wilayah sekitar Pasar Gembrong ada sedikit ketersendatan, ya antrian kendaraan” ujar Petugas Call Center NTMC Polri, Putra.

Baca Juga: Daftar Ponsel Incaran Harga Rp 2 Jutaan Saat THR Cair