Kebakaran Hebat Terjadi di Taman Hiburan Swedia, 16 Orang Terluka dan 1 Hilang

Taman hiburan terbesar di Swedia mengalami kebakaran pada Senin (12/2). Insiden tersebut menyebabkan satu orang hilang dan belasan lainnya mengalami luka-luka.

Kebakaran Hebat Terjadi di Taman Hiburan Swedia, 16 Orang Terluka dan 1 Hilang
Kebakaran Hebat Terjadi di Taman Hiburan Swedia, 16 Orang Terluka dan 1 Hilang. Gambar : Reuters/Bjorn Larsson Rosvall

BaperaNews - Kebakaran melanda taman hiburan terbesar di Swedia pada awal pekan ini, menghanguskan taman rekreasi air yang baru selesai dibangun dan menimbulkan kepanikan di tengah musim dingin.

Insiden kebakaran taman hiburan ini menyebabkan satu orang dilaporkan hilang dan belasan lainnya mengalami luka-luka.

Berdasarkan laporan dari AFP pada Selasa (13/2), kebakaran tersebut terjadi di Taman Hiburan Liseberg yang terletak di pusat kota Gothenburg. Seorang pekerja taman hiburan tersebut dilaporkan hilang dalam kejadian yang terjadi pada Senin (12/2) waktu setempat.

Dampak dari kebakaran ini meluas, menyebabkan evakuasi sebuah hotel dan beberapa perkantoran yang berhubungan langsung dengan kompleks taman hiburan tersebut.

Kepolisian setempat juga memperingatkan penduduk sekitar untuk tetap berada di dalam rumah karena asap tebal yang menyebar di sekitar lokasi kebakaran.

Meskipun sekitar 16 orang dilaporkan mengalami luka ringan akibat kebakaran tersebut, mereka tidak memerlukan perawatan medis di rumah sakit.

Dibutuhkan waktu hingga Selasa (13/2) pagi waktu setempat bagi petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang berkobar di taman hiburan tersebut.

Baca Juga : Innalillahi! Pemain Bola Tersambar Petir hingga Tewas di Stadion Siliwangi

Sejumlah foto yang dirilis dari lokasi kebakaran menunjukkan gambaran yang menakutkan, dengan bola api yang meledak, kobaran api, dan ledakan-ledakan yang menghancurkan sebagian wahana air di kompleks taman hiburan tersebut.

Pihak pengelola Taman Hiburan Liseberg mengungkapkan bahwa api berasal dari salah satu wahana air di luar gedung utama water park. "Kemudian menyebar ke seluruh bangunan," demikian pernyataan dari pihak pengelola.

Penyebab pasti dari kebakaran ini masih belum diketahui dengan jelas. Kepolisian setempat menyatakan bahwa insiden tersebut sedang diselidiki lebih lanjut sebagai "kecelakaan di tempat kerja".

Taman rekreasi air yang menjadi korban kebakaran tersebut merupakan bagian dari perluasan taman hiburan Liseberg dan seharusnya direncanakan akan dibuka pada tahun ini. Biaya pembangunan water park tersebut dilaporkan mencapai 1,2 miliar Krona atau setara dengan Rp 1,7 triliun.

NCC, perusahaan konstruksi yang bertanggung jawab atas pembangunan water park tersebut, menyatakan bahwa pekerjaan masih berlangsung di lokasi tersebut, namun mereka tidak mengetahui penyebab pasti dari kebakaran yang terjadi.

Baca Juga : Ini Kronologi Mahasiswi Indonesia yang Tewas Tertimpa Pohon di Australia