Kebakaran Hebat, Hanguskan 17 Rumah Hingga 12 Kios di Pekan Sabtu Langkimat Simangambat

Kebakaran hebat yang terjadi di Pekan Sabtu Langkimat Simangambat, Paluta menyebabkan 17 rumah sampai 12 Kios ludes terbakar.

Kebakaran Hebat, Hanguskan 17 Rumah Hingga 12 Kios di Pekan Sabtu Langkimat Simangambat
Kebakaran hebat hanguskan 17 rumah hingga 12 kios di Pekan Sabtu Langkimat Simangambat. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Warga berhamburan melihat kebakaran hebat yang melanda belasan rumah dan kios di Pekan Sabtu Desa Langkimat Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara pada Kamis (1/9) sekitar pukul 10.15 WIB.

Kebakaran hebat menyebabkan 17 unit rumah milik warga dan 12 kios di Pekan Sabtu Langkimat Simagambat ludes terbakar dilalap api si jago merah sampai rata dengan tanah.

Warga di sekitar lokasi kebakaran Pekan Sabtu Langkimat Simagambat berhamburan ke luar rumah membantu pemadaman kebakaran.

Informasi yang diperoleh dari masyarakat personel Polsek Padang Bolak dan Polsubsektor Simangambat langsung terjun ke TKP kebakaran.

Selain itu, satu unit mobil tangki Manggala Agni, dua unit mobil tangki perusahaan PT ANJ, dan satu unit mobil tangki perusahaan SSN, juga diterjunkan ke lokasi kebakaran guna membantu proses pemadaman api si jago merah.

Setelah kobaran dari kebakaran tersebut yang menghabiskan seluruh bangunan rumah dan kios warga kini tinggal sisa puin - puing bangunan yang rata dengan tanah.

Masyarakat dari pemilik rumah yang terbakar, tampak berada di sekitar puing - puing kebakaran, guna menyelamatkan barang - barang berharga yang tersisa dari kebakaran hebat di Pekan Sabtu Langkimat Simagambat.

Personel TNI/Polri, Manggala Agni, dan Perkebunan ANJ serta SSN juga membantu warga sekitar dari bencana kebakaran

Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar, SH, MH, membenarkan adanya peristiwa kebakaran di Pekan Sabtu Desa Langkimat Kecamatan Simangambat, Paluta.

"Adapun rumah yang terbakar antara lain, Dumanggor Hasibuan (70), Rohana Harahap (37), Morris Hasibuan (29), Siti Aja Harahap (67), Kamal Dalimunthe (57), Pahrum Siregar (38), Yusni Dalimunthe (54)," ujar Zulfikar.

"Kemudian, Mara Naek (56), Hendri Siregar (19), Adi (37), Ucok (40), Oppung Lomlom (70), Rahang Harahap (38), Komar Lubis (27), Pitra Hasonangan Harahap (28), Sahril Napitupulu (35), dan Fahrum Siregar (42)," lanjutnya.

Selain itu, 12 pintu kios di Pekan Sabtu Langkimat, Paluta turut hangus terbakar.

Akibat peristiwa kebakaran hebat tersebut, kerugian materil diperkirakan mencapai Rp. 2 Miliar.

Untuk penyebab kebakaran di Pekan Sabtu Langkimat Simagambat, Paluta masih dalam penyelidikan.

"Guna kepentingan penyelidikan, sejumlah barang bukti juga diamankan antara lain, 2 buah broti yang sudah terbakar, 2 buah papan yang sudah terbakar, dan sebuah seng yang sudah terbakar," pungkas Zulfikar.

Kontributor : Haryan Harahap (Bapera Haltim)