Kabar Bahagia! Lowongan CPNS Dan PPPK Akan Dibuka Lagi Tahun 2023

Ada kabar bahagia nih untuk kamu yang selama ini menanti-nanti ingin menjadi PNS, kabarnya pemerintah akan membuka lowongan CPNS dan PPPK di tahun 2023 mendatang.

Kabar Bahagia! Lowongan CPNS Dan PPPK Akan Dibuka Lagi Tahun 2023
Lowongan CPNS dan PPPK akan dibuka lagi tahun 2023. Gambar : merdeka.com/Iqbal S. Nugroho

BaperaNews - Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) ialah salah satu impian yang paling banyak dimiliki muda-mudi Indonesia, bahkan PNS sering diidentikkan dengan menantu idaman, dianggap sebagai sosok yang akan memiliki kehidupan nyaman, dan mudah mendapat pasangan.

Hal ini memang wajar mengingat PNS memiliki gaji tetap, mendapat tunjangan, dan juga pensiun. Diibaratkan PNS ialah pekerjaan yang memiliki pendapatan stabil seumur hidup.

Tak heran jika lowongan PNS selalu jadi kabar yang ditunggu dan kali tim Bapera News sampaikan kabar baik untuk Anda! Lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) kembali dibuka di tahun 2023.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar. PNS sendiri ialah pegawai tetap pemerintah, mendapat gaji, tunjangan, dan pensiun.

Sedangkan PPPK juga pegawai pemerintah namun bukan pegawai tetap, biasanya memiliki kontrak kerja 5 tahun, diperpanjang atau tidaknya sesuai dengan kinerjanya dan kebutuhan pemerintah.

PPPK juga mendapat gaji dan tunjangan, namun tidak mendapat pensiun. Meski demikian, PPPK juga diminati, tak kalah dari PNS.

Baca Juga : Kemenag Buka Pelatihan KTI, Guru Hingga ASN Bisa Daftar! Simak Syarat Daftar Dan Cara Daftar Pelatihan KTI

“Untuk tahun 2023, pemerintah membuka kembali lowongan CPNS dan PPPK” ujar Abdullah Azwar pada Rabu (21/12).

Jumlah lowongan CPNS yang dibuka menyesuaikan kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) yang saat ini ada yakni sebanyak 4.315.181, terdiri dari 3.956.018 PNS dan 359.163 PPPK. Jumlah tersebut berdasarkan data BKN per September 2022.

Menurut Abdullah Azwar, kebutuhan PPPK Guru, Tenaga Teknis, dan Tenaga Kesehatan sebanyak 424.843 formasi di Instansi Daerah dan 93.195 di Instansi Pusat ialah pemenuhan tahun 2022.

“Calon PNS nya seperti hakim, dosen, jaksa, agen, dan tenaga teknis lainnya” imbuhnya.

Lowongan CPNS tahun 2023 mendatang memperhatikan jumlah PNS yang pensiun dan memenuhi SDM untuk mendukung program strategis nasional, memperhatikan letak geografis, serta kemampuan anggaran negara.

“Disiapkan dan dikaji terkait formasi ASN di Papua, Papua Barat, dan Otonomi Baru Papua” terangnya.

Pemerintah juga mempertimbangkan usulan yang disampaikan Kementerian atau Lembaga dari pemerintah daerah yang saat ini sedan menelaah.

“Pada saatnya nanti akan ditetapkan formasi dengan mendapat pertimbangan dari Menteri Keuangan” pungkasnya.

Lalu kapan lowongan CPNS dibuka? saat ini diketahui belum ada informasi kapan tanggal resmi lowongan CPNS dan PPPK akan dibuka di tahun 2023, tunggu saja informasi selanjutnya ya.

Anda bisa lakukan persiapan mulai sekarang dengan mempersiapkan dokumen persyaratannya dan mempelajari materi tesnya. Semoga sukses dan beruntung untuk Anda yang mengincar posisi PNS maupun PPPK ya.

Baca Juga : Tips Menghindari Kena Tipu Lowongan Kerja Palsu