Jokowi Kuker Ke Jatim Saat Ada Demo 411, Pihak Istana Buka Suara

Pihak Istana Negara berikan penjelasan terkait Presiden Jokowi yang melakukan kunjungan kerja ke Mojokerto, Jawa Timur pada (4/11), berbarengan dengan aksi demo 411.

Jokowi Kuker Ke Jatim Saat Ada Demo 411, Pihak Istana Buka Suara
Pihak Istana buka suara tentang Jokowi kunjungan kerja ke Jawa Timur saat ada demo 411. Gambar : Unsplash.com/Dok. Fajar Grinanda

BaperaNews - Presiden Jokowi pada hari ini Jumat (4/11) melakukan kunjungan kerja ke Mojokerto, Jawa Timur. Jadwal ini ialah agenda yang tertunda, seharusnya dilaksanakan pada 10 Oktober 2022.

“Jadi hari ini Pak Presiden ada kunjungan kerja ke Mojokerto, di Jawa Timur. Sebetulnya ini harusnya 10 Oktober lalu, namun tertunda pada waktu itu. Oleh sebab itu Kementerian BUMN mengajukan permohonan kembali supaya Pak Presiden bisa ke Mojokerto hari ini” jelas Deputi Protokol, Pres, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin pada Jumat (4/11).

Adapun hari ini ialah ada demo 411, oleh kelompok yang mengatasnamakan diri sebagai GNPR (Gerakan Nasional Pembela Rakyat). Demo direncanakan di sekitar kawasan Istana Merdeka mulai pukul 13.00 WIB.

Kepolisian yang telah mendapat laporan pun berencana menutup jalur sekitar Istana Negara dan Monas mulai pukul 10.00 WIB. Bey menegaskan Jokowi tidak pernah menghindar dari demo, jadwal ke Mojokerto memang sudah disusun sejak lama.

“Jadi rencana kunker hari ini jadwalnya sudah lama, dijadwalkan ulang di hari ini” tegasnya.

Kelompok GNPR berencana menggelar demo 411 bersama sejumlah ormas salah satunya PA 212. Ketua PA 212 Slamet Maarif menyebut demo 411 akan digelar secara damai dengan membawa sejumlah tuntutan, salah satunya meminta Presiden Jokowi mundur dari jabatannya.

Baca Juga : UGM Bantah Dugaan Ijazah Milik Jokowi Palsu, Begini Penjelasannya!

Tuntutan diberikan akibat ada isu sebelumnya tentang ijazah Presiden Jokowi yang palsu. Meskipun pihak Universitas Gajah Mada (UGM)  yang telah menjadi lokasi Presiden Jokowi kuliah sudah menyatakan bahwa Jokowi memang alumni UGM jurusan Kehutanan dan ijazah yang dimiliki beliau adalah ijazah yang benar-benar asli.

Sedangkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengaku belum bisa memberi keterangan apapun tentang demo 411. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman yang telah menerima izin demo 411, pihaknya pun sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

“Iya, kami siapkan skenario pengalihan lalu lintas” pungkasnya.

Berikut sejumlah pengalihan arus lalu lintasnya :

  1. Arah HI menuju Jalan Merdeka dialihkan ke Kebon Sirih.
  2. Kebon Sirih ke Patung Kuda diluruskan ke Tugu Tani.
  3. Jalan Ridwan Rais ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Merdeka Timur.
  4. Jalan Hayam Wuruk ke Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan Juanda.
  5. Jalan Abdul Muis ke Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.
  6. Jalan Veteran I, II, III ditutup.
  7. Jalan Medan Merdeka Timur ke Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira

3.790 personel kepolisian akan diturunkan untuk mengamankan demo 411.

Baca Juga : Demo DPR: Ojol Ancam Tak Nyoblos Pemilu 2024, Jika 4 Tuntutan Tak Dipenuhi